PERENCANAAN SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN TARUNA DENGAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS SELEKSI TARUNA AKMIL)

Sulistyarso, Harry Budiharjo and Sofyan, Herry and Suparja, Suparja (2015) PERENCANAAN SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN TARUNA DENGAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS SELEKSI TARUNA AKMIL). Seminar Nasional Informatika 2015. pp. 147-155. ISSN 1979-2328

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerima taruna mempunyai peranan penting dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk dibentuk menjadi calon - calon perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pemilihan pemuda - pemuda untuk dididik menjadi tentara harus memenuhi syarat yang telah ditentukan yang memiliki kepribadian yang tangguh, akademi yang tanggap, jasmani dan trengginas. Dalam penerimaan taruna melalui beberapa tahapan dan beberapa bidang seleksi antara lain mental ideologi atau wawancara, Administrasi, Psikologi, Akademi, dan Jasmani yang merupakan kriteria yang harus dipenuhi agar diperoleh calon yang tepat. Pelaksanaan Seleksi memerlukan suatu sistem dan metode yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan pilihan. Metode Promehee merupakan metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria sangat tepat digunakan, karena dominasi kriteria yang digunakan dalam promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outraking sehingga diperoleh solusi atau hasil dari beberapa alternatif untuk diambil sebuah keputusan. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa penentuan peringkat menggunakan metode promothee memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode perangkingan yang dilaksanakan selama ini. Metode Promethee menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan pada metode yang digunakan selama ini hanya metode kuantitatif yaitu berdasarkan nilai dikalikan dengan bobot kepentingan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: DR.,IR HARRY BUDIHARJO SULISTYARSO
Date Deposited: 27 Jun 2020 02:20
Last Modified: 27 Jun 2020 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22896

Actions (login required)

View Item View Item