PERKASA, BAYU PUTRA (2012) i PENGARUH KREDIBILITAS ENDOSER CRISTIANO RONALDO TERHADAP TINGKAT RECALL AUDIENCE PADA IKLAN SHAMPOO CLEAR “MEN” (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2010). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Iklan Shampoo Clear “Men” yang merupakan shampoo khusus pria dan berada
diantara sekian banyaknya produk shampoo wanita, dimana shampoo wanita
sekarang banyak digunakan/dikonsumsi oleh pa
ra kaum pria, di sini peneliti ingin
mengetahui apakah dengan menggunakan
endoser/
bintang iklan yang terkenal
seperti Cristiano Ronaldo seorang atlit se
pak bola yang terkenal didunia, berparas
tampan, memiliki body yang sangat atletis, didalam iklannya bisa menarik
perhatian/memberikan ingatan kepada
konsumen tentang produk yang di iklankan
dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh
kredibilitas
endoser
Cristiano Ronaldo terhadap tingkat
recall audience
pada iklan
shampoo clear “men” (Studi Pada Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta
Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2010)”. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori Elaboration
Likelihood Model dan teori Kredibilitas
Komunikator : Ethos. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian
menggunakan metode survai. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa
UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2010. Teknik
sampling yang digunakan adalah teknik
purposive sampling
. Alat analisis yang
digunakan adalah
analisis korelasi product moment, Regresi linear Sederhana, t
test (uji-t), dan R
2
(koefisien determinasi). Hasil analisis Regresi Linier Sederhana
menunjukkan bahwa variabel
Kredibilitas Endoser
Cristiano Ronaldo mempunyai
pengaruh positif terhadap
Recall Audience
pada Iklan shampoo clear “men”,
dengan F statistik diperoleh t
hitung
sebesar 5,874 dan probabilitas t
hitung
(p) = 0,007
pada taraf. Karena t
hitung
(p) < 0,05 (0,007 < 0,05) maka H
0
ditolak dan sebaliknya
H
a
diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa
Kredibilitas Endoser
Cristiano
Ronaldo berpengaruh signifikan terhadap
Recall Audience
pada Iklan shampoo
clear “men”. Dapat dikatakan bahwa jika
terjadinya kredibilitas yang tinggi dan
khalayak mampu untuk mengelaborasi isi pesan dengan baik maka akan terbentuk
atau terciptanya
recall.
xviii
ABSTRACT
Clear Shampoo Advertisement “Men”, the special male shampoo in the
dominated female shampoo products. That there are many female shampoo
products are used by male, the researcher
would like to investigate if the usage of
well-known endorser/ stars like Cristiano Ro
naldo as a football player that world-
wide popular, a good looking man, and has an athletic body shape, could attract/
recall a memory to the consumers. In the other words, the study aimed to know
the effect of the endorser Cristiano Rona
ldo to the recall audience in the Clear
Shampoo Advertisement “Men” (Study to the Students of UPN “Veteran”
Yogyakarta Majoring Communication Science Year 2010)”. The theories used
were Elaboration Likelihood Model and co
mmunicator credibility: ethos theory.
The study was. The method was survey. The population was the students of UPN
“Veteran” Yogyakarta Majoring Communication Science Year 2010. Sampling
technique used
purposive sampling
. The analytical tools used were product
moment correlation analysis, Simple Linier Regression, t-test, and R
2
. The result
of Simple Linier Regression showed that
endorser credibility of Cristiano Ronaldo
had a positive impact to the recall audience in the UPN “Veteran” Yogyakarta
Students Majoring Communication Science Year 2010, with the F statistic was t
calculation
= 5.874 and probability of t
calculation
(p) = 0.007. Because of t
calculation
(p) <
0.05 (0,007 < 0.05), thus, H
0
is refused and H
a
is accepted. Therefore, it could be
concluded that endorser credibility of Cristiano Ronaldo was significantly affect
the recall audience in the Clear Shampoo Advertisement “Men”. It could be
argued that if the occurrence of high credibility and the audience is able to
elaborate on the contents of the message properly it will form or the creation of a
recall.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 24 May 2016 06:29 |
Last Modified: | 24 May 2016 06:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |