Suryadharma, Made Gita (2012) Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap produk dan pelayanan, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kualitas produkyang tersedia di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Made Gita Suryadharma, nomor mahasiswa 152070057
, program studi
Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “
Analisis
Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk
dan Pelayanan (Studi kasus pada Mirota
Nayan Babarsari), 201
2. Dosen pembimbing
Susanta
dan Rosalia Dwi Fadma TJ
.
Penelitian yang berjudul Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap produk
dan pelayanan, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kualitas prod
uk
yang tersedia di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
, Untuk mengetahui
pelayanan yang diberikan serta fasilitas apa sajakah yang terdapat di
Mirota
Nayan Babarsari
Yogyakarta
, untuk mengetahui apakah pelanggan merasakan
adanya kepuasan terhadap produk dan
pelayanan yang ada di
Mirota Nayan
Babarsari
Yogyakarta
, serta untuk mengetahui aspek
manakah yang lebih
mendominasi terhadap kepuasan pelangga di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
Penelitian ini dilaksanakan di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
yaitu
pada tanggal 22 februari sampai dengan 25 februari 2011. Permasalahan yang ada
adalah bagaimanakan kelengkapan dan kualitas produk yang tersedia di
Mirota
Nayan Babarsari
Yogyakarta
, bagaimanakah pelayanan yang diberikan di
Mirota
Nayan Babarsari
Yog
yakarta
, apakah pelanggan merasakan adanya kepuasan
terhadap produk dan pelayanan yang ada di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
,
serta aspek manakah yang lebih mendominasi terhadap kepuasan pelangan di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
, tipe penelitian ini
adalah
exploratory
research
. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang ada di
Mirota
Nayan Babarsari
Yogyakarta
. Teknik sa
mpling yang digunakan adalah
systematic
random sampling
dengan
menggunakan ukuran sampel sebanyak 96 orang
responden.
Ala
t analisis data ang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
importance
–
performance matrix
. Indicator item adalah layanan penitipan barang,
Pengamanan area parkir, Layanan transaksi dikasir, Memberikan pelayanan
dengan cepat, Kecepatan transaksi di
kasir, Ketersediannya tempat parkir,
Pengembalian uang kecil, Layanan fasilitas trolley, Layanan dalam kartu debit
dan kredit, Kelengkapan penyedian barang sehari
–
hari, Kualitas barang yang
dijual, Barang yang dijual tertata rapi, Keaneka ragaman merk,
Kecepatan
penyediaan produk baru, Kemasan barang yang berkualitas, dan Label keterangan
pada kemasan produk
Berdasarkan uji validitas yang dilakukan semua item menghasilkan
koefisien toleransi (r) lebih besar dari 0,3 (r > 0,3) sehingga semua item
dinyatakan valid. Sedangkan uji reabilitas yang dilakukan, semua item
menghasilkan Cronbach’s Alpha (α) lebih besar atau sama dengan 0,6 (α ≥ 0,6)
sehingga semua item dinyatakan reliable atau handal.
Berdasarkan analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pe
layanan yang
diberikan di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta
dinilai masih kurang.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa faktor
-
faktor yang sudah memberikan kepuasan
atas pelayanan dan produk di
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta meliputi :
layanan penitipan b
arang, kelengkapan penyedian barang sehari
-
hari, barang
xiii
yang dijual tertata rapi, keanekaragaman merk, dan label keterangan pada
kemasan produk
Oleh karna itu pelanggan telah merasakan adanya kepuasan terhadap
produk dan pelayanan yang di berikan di
Mi
rota Nayan Babarsari
Yogyakarta
sedangkan diantara variable produk dan pelayanan, maka kualitas produk lebih
mendominasi
terhadap kepuasan pelanggan tersebut.
Berdasarkan pada kesimpulan diatas, maka dapat diusulkan empat saran
yaitu : pertama Mirota Naya
n Babarsari Yogyakarta lebih memperhatikan
Perbaikan kepuasan pelanggan dari faktor pengamanan area parkir, layanan
transaksi dikasir, memberikan pelayanan dengan cepat, kecepatan transaksi
dikasir, ketersediaanya tempat parkir, layanan fasilitas trolley,
dan kemasan
barang yang berkualitas. Kedua
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta lebih
tanggap dalam menghadapi setiap keluhan pelanggan; misalnya apabila pelanggan
mengeluhkan pelayanan dan sebagainya.
Ketiga,
Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta memperhatikan k
ebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan;
karena dengan ruangan yang bersih, rapi dan nyaman dapat membuat pelanggan
merasa nyaman dan tidak bosan selama berbelanja.
Keempat, Mempertahankan
dan meningkatkan faktor
-
faktor kualitas pelayanan dan kualitas
produk yang saat
ini telah memberikan kepuasan pada para pelanggannya Mirota Nayan Babarsari
Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:34 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |