Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap produk dan pelayanan, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kualitas produkyang tersedia di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta

Suryadharma, Made Gita (2012) Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap produk dan pelayanan, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kualitas produkyang tersedia di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Made Gita Suryadharma, nomor mahasiswa 152070057 , program studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “ Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk dan Pelayanan (Studi kasus pada Mirota Nayan Babarsari), 201 2. Dosen pembimbing Susanta dan Rosalia Dwi Fadma TJ . Penelitian yang berjudul Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap produk dan pelayanan, bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kualitas prod uk yang tersedia di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , Untuk mengetahui pelayanan yang diberikan serta fasilitas apa sajakah yang terdapat di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , untuk mengetahui apakah pelanggan merasakan adanya kepuasan terhadap produk dan pelayanan yang ada di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , serta untuk mengetahui aspek manakah yang lebih mendominasi terhadap kepuasan pelangga di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta Penelitian ini dilaksanakan di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta yaitu pada tanggal 22 februari sampai dengan 25 februari 2011. Permasalahan yang ada adalah bagaimanakan kelengkapan dan kualitas produk yang tersedia di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , bagaimanakah pelayanan yang diberikan di Mirota Nayan Babarsari Yog yakarta , apakah pelanggan merasakan adanya kepuasan terhadap produk dan pelayanan yang ada di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , serta aspek manakah yang lebih mendominasi terhadap kepuasan pelangan di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta , tipe penelitian ini adalah exploratory research . Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang ada di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta . Teknik sa mpling yang digunakan adalah systematic random sampling dengan menggunakan ukuran sampel sebanyak 96 orang responden. Ala t analisis data ang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis importance – performance matrix . Indicator item adalah layanan penitipan barang, Pengamanan area parkir, Layanan transaksi dikasir, Memberikan pelayanan dengan cepat, Kecepatan transaksi di kasir, Ketersediannya tempat parkir, Pengembalian uang kecil, Layanan fasilitas trolley, Layanan dalam kartu debit dan kredit, Kelengkapan penyedian barang sehari – hari, Kualitas barang yang dijual, Barang yang dijual tertata rapi, Keaneka ragaman merk, Kecepatan penyediaan produk baru, Kemasan barang yang berkualitas, dan Label keterangan pada kemasan produk Berdasarkan uji validitas yang dilakukan semua item menghasilkan koefisien toleransi (r) lebih besar dari 0,3 (r > 0,3) sehingga semua item dinyatakan valid. Sedangkan uji reabilitas yang dilakukan, semua item menghasilkan Cronbach’s Alpha (α) lebih besar atau sama dengan 0,6 (α ≥ 0,6) sehingga semua item dinyatakan reliable atau handal. Berdasarkan analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pe layanan yang diberikan di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta dinilai masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor - faktor yang sudah memberikan kepuasan atas pelayanan dan produk di Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta meliputi : layanan penitipan b arang, kelengkapan penyedian barang sehari - hari, barang xiii yang dijual tertata rapi, keanekaragaman merk, dan label keterangan pada kemasan produk Oleh karna itu pelanggan telah merasakan adanya kepuasan terhadap produk dan pelayanan yang di berikan di Mi rota Nayan Babarsari Yogyakarta sedangkan diantara variable produk dan pelayanan, maka kualitas produk lebih mendominasi terhadap kepuasan pelanggan tersebut. Berdasarkan pada kesimpulan diatas, maka dapat diusulkan empat saran yaitu : pertama Mirota Naya n Babarsari Yogyakarta lebih memperhatikan Perbaikan kepuasan pelanggan dari faktor pengamanan area parkir, layanan transaksi dikasir, memberikan pelayanan dengan cepat, kecepatan transaksi dikasir, ketersediaanya tempat parkir, layanan fasilitas trolley, dan kemasan barang yang berkualitas. Kedua Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta lebih tanggap dalam menghadapi setiap keluhan pelanggan; misalnya apabila pelanggan mengeluhkan pelayanan dan sebagainya. Ketiga, Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta memperhatikan k ebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan; karena dengan ruangan yang bersih, rapi dan nyaman dapat membuat pelanggan merasa nyaman dan tidak bosan selama berbelanja. Keempat, Mempertahankan dan meningkatkan faktor - faktor kualitas pelayanan dan kualitas produk yang saat ini telah memberikan kepuasan pada para pelanggannya Mirota Nayan Babarsari Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 24 May 2016 04:34
Last Modified: 24 May 2016 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item