PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI HARIAN PRODUK SAYURAN ORGANIK SEBAGAI PERMASALAHAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY (Studi kasus pada CV Tani Organik Merapi, Yogyakarta)

Leonita, Dhea Sasqia (2020) PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI HARIAN PRODUK SAYURAN ORGANIK SEBAGAI PERMASALAHAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY (Studi kasus pada CV Tani Organik Merapi, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Lembar Pengesahan.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak, Absctract.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

CV Tani Organik Merapi (TOM) merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pertanian yang menghasilkan berbagai jenis sayuran organik. Terjaganya kualitas produk sayuran organik dan ketepatan pengiriman produk ke tangan konsumen adalah hal yang selalu ingin tetap dicapai oleh CV TOM. Hal ini membuat CV TOM memiliki permasalahan pada pendistribusian sayuran kepada konsumennya yang berakibat keterlambatan dan ketidaktepatan waktu dalam pengiriman tersebut. Hal ini diakibatkan karena belum adanya rute distribusi yang optimal. Permasalhan yang ada dalam CV TOM merupakan permasalahan Traveling Salesman Problem with Time Windows (TSPTW) yang merupakan suatu model permasalahan distribusi berupa penugasan kendaraan ke sejumlah lokasi. Model permasalahan ini menggunakan alat angkut yang diawali dari saru titik pusat (CV TOM) lalu menuju semua titik pendistribusian (outlet konsumen) kemudian kembali ke titik awal akan diselesaikan menggunakan Algorima Greedy. Penyusunan rute distribusi produk ini diselesaikan menggunakan Algoritma Greedy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan rute yang saat ini sedang diterapkan dengan melihat faktor batas waktu pelayanan dan waktu pengantaran. Sehingga, dapat mengurangi kerugian-kerugian yang harus ditanggung oleh pihak perusahaan dikarenakan adanya keterlambatan pengiriman. Berdasarkan perhitungan diperoleh tujuh rute yang dilakukan dalam satu minggu dan dilayani oleh satu mobil angkut berkapasitas 3.200 liter. Penghematan waktu dilakukan sebesar 11 menit hingga 30 menit pada setiap rutenya. Dengan penghematan waktu sebesar 11 hingga 30 menit maka keterlambatan akan pengiriman ke setiap outlet tidak terjadi. Kata kunci: Algoritma Greedy, Keterlambatan, Rute, TSP, TSPTW

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:10
Last Modified: 09 Jun 2020 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item View Item