ALRASYID, RIZKY NURRAHMAN (2012) ANALISIS ISI ASPEK KREATIF IKLAN ROKOKPT HM SAMPOERNA di TELEVISI Periode Oktober 2011-November 2011. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Iklan
PT HM Sampoerna mempunyai ciri khas masing
-
masing dalam
penyampaian pesannya
. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
memahami isi aspek kreatif iklan rokok pada media televisi serta mengetahui
lebih jauh bagaimana pengiklan m
enggunakan strategi kreatif dalam penciptaan
isi pesan, visual iklan serta aktivitas periklanan yang ada ditengah adanya
peraturan maupun etika terkait dengan aktivitas iklan di Indonesia. Dalam
penelitian ini iklan rokok yang diteliti adalah rokok PT HM S
ampoerna, dengan
pertimbangan iklan
-
iklan rokok PT HM Sampoerna sangat menarik untuk diteliti
karena antara visualisasi dengan produknya tidak saling berkorelasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi deskriptif
kuantitatif. Analisis isi yang diteliti meliputi 12 aspek kreatif yaitu jenis rokok,
tujuan iklan,
camera shot,
camera moves, setting
iklan, teknik
editing,
penggunaan teknik visual, daya tarik iklan, gaya eksekusi pesan iklan, model,
tagline,
serta
jingle
.
Adapun Iklan rokok yang diteliti adalah 8 iklan rokok PT HM
Sampoerna yang ditayangkan pada media televisi periode Oktober
-
November
2011.Berdasarkan penelitian d
iperoleh hasil sebagai berikut:
merupakan rokok
filter, tujuan iklan seluruhnya bersifat
remi
nder,
dari segi
camera shot
menggunakan
medium shot.
Dari aspek
camera moves
didominasi dari teknik
dolly
sebesar,
setting
iklan lebih banyak menggunakan kombinasi, sedangkan
teknik
editing cut
sebanyak
.
Teknik visual yang digunakan adalah
split and
booken
d spot
, menggunakan daya tarik emosional, gaya eksekusi pesan iklan
bervariasi potongan kehidupan, gaya hidup, suasana atau citra, animasi, serta
dramatisasi. Model yang digunakan banyak menggunakan kombinasi antara laki
-
laki dan perempuan, semua iklan men
ggunakan
tagline,
sedangkan ilustrasi musik
yang digunakan adalah
instrumentalia
.
Kata Kunci:
aspek kreatif,
iklan rokok, media
televisi
ii
ABSTRACT
In each PT. HM Sampoerna’s brand, this company always making their products
and its advert
isement with their own mark of identification to sending their
purpose. Although within limitation from Government about cigarette
advertisement, Advertiser supposed to have high creativity sending its purpose to
the viewers without showing the product of
cigarette itself. The object of this
research is to knowing creative aspect of cigarette advertisement in television and
knowing more how advertiser using creative strategy to make the purpose,
advertisement’s visualization. In this research PT. HM Sampoer
na’s cigarette
advertisement interest to observed because there’s no
correlation between
visualizations and its products. This research using quantitative description
content analysis. Content analysis observe 12 creative aspects there are, variousity
of
cigarette, advertisement purpose, camera shot, camera moves, advertisement
setting , editing technique, using visual technique, advertisement’s traction,
purpose execution style, model, tagline and jingle. There are 8 researched
Cigarette’s advertisement o
f PT HM Sampoerna been aired on television on
October
-
November 2011. The result of this research are : kind of cigarette is
filter
-
cigarette, the purpose mostly reminder, and camera shot using medium shot.
On Camera moves dominated by dolly technique, adve
rtisement setting using
more combination, whereas editing technique using cut. Visual technique using
split and bookend spot, emotional traction, purpose execution style varied pieces
of life, life style, atmosphere or imagine, animation, and dramatization
. The model
mostly using combine between men and women, all advertisement using tagline,
whereas music illustration using instrumental.
Keyword
:
creative aspect, cigarette advertisement, television
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 24 May 2016 03:50 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:50 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |