PERENCANAAN PERSEDIAAN PROBABILISTIK MULTI ITEM PADA PRODUK YANG MENDEKATI MASA KADALUWARSA, DENGAN MEMPERTIMBANGKAN DISKON DAN MINIMAL PEMESANAN (Studi kasus di Toko Luwes Gemolong, Jawa Tengah)

Burhan, Gusdiniarko (2020) PERENCANAAN PERSEDIAAN PROBABILISTIK MULTI ITEM PADA PRODUK YANG MENDEKATI MASA KADALUWARSA, DENGAN MEMPERTIMBANGKAN DISKON DAN MINIMAL PEMESANAN (Studi kasus di Toko Luwes Gemolong, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
FULL TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Toko Luwes Gemolong merupakan salah satu contoh ritel yeng menyediakan berbagai kebutuhan, salah satunya makanan. Makanan sendiri memiliki masa umur kadaluwarsa, sehingga diperlukan perencanaan persediaan yang baik. Sering terjadi produk makanan yang mengalami kadaluwarsa, sehingga dapat mengakibatkan kerugian. Penelitian ini bertujuan merencanakan persediaan produk makanan agar meminimalkan stok yang mengalami kadaluwarsa namun tetap pada minimal pemesanan yang di tetapkan oleh supplier. Sehingga diharapkan, dapat mengurangi Total Cost yang ditimbulkan. Perencanaan persediaan ini menggunakan model pengembangan EOQ yang sudah ada sebelumnya namun dengan sedikit modifikasi menyesuaikan kondisi real objek penelitian. Berdasarkan pengolahan data Output dari perhitungan ini nantinya digunakan sebagai dasar untuk melakukan kuantitas pemesanan dan titik pemesanan kembali serta waktu pemeriksaan setiap harinya. Di dapatkan kuantitas pemesanan yaitu 14 kardus untuk produk 1 dengan titik pemesanan kembali 2 kardus, 15 kardus untuk produk 2 dengan titik pemesanan kembali 2 kardus dan 14 kardus untuk produk ke 3 dengan titik pemesanan kembali 2 kardus dan waktu pemeriksaan setiap dua hari sekali setiap produk. Total Cost usulan yang diperoleh jauh lebih kecil daripada Total Cost awal yang diterapkan pada perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya penurunan pada total biaya sebesar Rp 2.329.278,-. Hasil tersebut dapat menjadikan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan persediaan produk. Kata kunci: produk, Total Cost, persediaan, supplier, kadaluwarsa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: roduk, Total Cost, persediaan, supplier, kadaluwarsa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:38
Last Modified: 17 Mar 2020 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item View Item