RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DENGAN BERBAGAI PADAT TEBAR IKAN GURAMI DAN MEDIA TANAM PADA SISTEM BUDIDAYA AKUAPONIK

ROKHIMAWATI, NURFITAYANTI (2020) RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DENGAN BERBAGAI PADAT TEBAR IKAN GURAMI DAN MEDIA TANAM PADA SISTEM BUDIDAYA AKUAPONIK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya pembangunan dan semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk mengakibatkan berkurangnya lahan dan pasokan air untuk sektor pertanian. Hal ini tentu mengkhawatirkan petani dan peternak ikan dimana air adalah sumber utama dalam usaha tersebut. Salah satu teknologi yang kini dikembangkan adalah akuaponik, yaitu kombinasi budidaya perikanan (akuakultur) dengan budidaya tanaman tanpa tanah (hidroponik) dalam satu sistem yang saling terhubung. Limbah kotoran ikan yang mengandung amonia digunakan sebagai pupuk untuk tanaman dan tanaman berfungsi sebagai filter bagi kelangsungan hidup ikan sehingga menghasilkan lingkungan yang ideal untuk keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi berbagai macam padat tebar ikan gurami dan media tanam pada pertumbuhan tanaman kangkung, menentukan padat tebar yang paling baik serta media tanam yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman kangkung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot) kemudian data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan Duncan Multiple Range Test pada taraf 5 %. Adapun dua faktor dengan main plot berupa aplikasi padat tebar yang terdiri dari 3 taraf yaitu ikan gurami 10 ekor/m , ikan gurami 15 ekor/m 3 dengan sub plot berupa media tanam terdiri dari arang sekam, arang sekam + zeolit (1:1), arang sekam + pasir malang (1:1). Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi pada volume akar umur 2-4 MST. Padat tebar ikan gurami yang paling baik adalah 10 ekor/m 3 , padat tebar ikan gurami 20 ekor/m 3 untuk parameter tinggi tanaman umur 1-3 MST, diameter batang umur 2-4 MST dan bobot segar tanaman umur 2-4 MST. Media tanam arang sekam + pasir malang (1:1) merupakan media tanam bagi pertumbuhan tanaman kangkung dengan system budidaya akuaponik pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun,bobot segar dan volume akar tanaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:18
Last Modified: 17 Mar 2020 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item