PENGARUH RETURN ON EQUITY, RETURN ON ASSETS, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PRICE TO BOOK VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

MILADYAH, FARAH MUTHIA (2020) PENGARUH RETURN ON EQUITY, RETURN ON ASSETS, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PRICE TO BOOK VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL - FARAH MUTHIA MILADYAH.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap Return saham pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 47 perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan ukuran sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan Path Analysis dengan alat analisis SEM-PLS. Hasil uji pengaruh langsung dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Return saham, Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV), Return On Assets (ROA) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return saham, Return On Assets (ROA) berpengaruh tidak signifikan terhadap Price to Book Value (PBV). Hasil uji pengaruh tidak langsung pada penelitian ini menunjukkan Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Return saham melalui Price to Book Value (PBV). Sedangkan Return On Assets (ROA) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return saham melalui Price to Book Value (PBV). Saran dari penelitian ini ditujukan untuk dua pihak yang berkepentingan. Bagi investor disarankan untuk supaya lebih memperhatikan Return On Equity (ROE) dan Price To Book Value (PBV) dalam menilai Return Saham. Bagi Perusahaan disarankan untuk sebaiknya perusahaan memperhatikan posisi Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) yang mampu memberikan pengaruh terhadap return saham. Kata Kunci : Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Price to Book Value (PBV), dan Return saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:26
Last Modified: 11 Mar 2020 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22585

Actions (login required)

View Item View Item