Estimasi Potensi Statik Lapangan Panasbumi "X" Menggunakan Simulasi Montecarlo Untuk Pengembangan PLTP

M. Th. Kristiati. EA, Kristiati and Eko Widhi Pramudiohadi, Eko (2010) Estimasi Potensi Statik Lapangan Panasbumi "X" Menggunakan Simulasi Montecarlo Untuk Pengembangan PLTP. In: Seminar Nasional Kebumian, -, -.

[thumbnail of Estimasi Potensi Statik Lap Panasbumi 2010.pdf]
Preview
Text
Estimasi Potensi Statik Lap Panasbumi 2010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ketika keberadaan sumber energi panasbumi sudah ditemukan dari kegiatan eksplorasi, selanjutnya akan diestimasikan potensi energi yang dimaksud. Dalam estimasi ini banyak sekali variabel yang· memiliki ketidakpastian tinggi, seperti ketebalan, saturasi, pelamparan dsb. Oleh sebab itu perlu dilakukan simulasi dalam estimasi potensi energi ini agar didapatkan hasil yang lebih dapat dipercaya. Metoda penyelesaian dalam penelitian ini digunakan Simulasi Montecarlo, yaitu suatu teknik pemodelan perhitungan yang mengakomodir variabel-variabel dengan harga tidak pasti.
Penelitian ini akan dilakukan pada Lapangan Panasbumi" X ",yang terletak dipusat Pulau Bali kira-kira 45 Km Utara kota Denpasar. Area panasbumi ini yang menarik untuk diteliti untuk lebih lanjut dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP). Luas area lapangan ini kurang lebih 70- 90 Km2. Sebagian area telah dibuktikan dengan adanya 2 ( dua ) sumur eksplorasi dalam X-02 dan X-03 serta sumur Core-hole TGC-04. Sumur- sumur ini terletak didalam struktur kawah bratan dengan luas Proven Area kira- kira 8Km2.
Hasil Simulasi Monte Carlo akan mendapatkan harga yang sifatnya optimis, menengah dan pesimis. Variabel-variabel tersebut mempunyai range antara nilai miminum dan maksimum atau bisa juga ditambah dengan nilai tengah. Proses perhitungan dilakukan dengan persamaan yang eksak dikombinasi dengan angka random, sehingga setiap perulangan perhitungan akan mempunyai nilai eksak yang berbeda. Dari perhitungan menggunakan Simulasi Montecarlo, energi yang terkumpul didalam batuan dan fluida hasil akhirnya sangat potensial yaitu 186, 15 Mwe. Sejak itu akan dikembangkan energi listrik sampai total sebesar 175 MWe (10 MWe + 3 x 55 MWe).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST.,MT M.Th. KRISTIATI EKO ANDREASTUTI
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:41
Last Modified: 19 Apr 2022 06:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item