PENGOLAHAN CITRA MENDETEKSI WARNA PLANLET TANAMAN BERDASARKAN MUNSELL COLOR CHARTS MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Aswinda, Rifka Witri (2020) PENGOLAHAN CITRA MENDETEKSI WARNA PLANLET TANAMAN BERDASARKAN MUNSELL COLOR CHARTS MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kultur jaringan tanaman merupakan teknik perbanyakan vegetative dengan menumbuh kembangkan bagian tanaman, baik berupa sel, jaringan atau organ dalam kondisi aseptik secara in vitro. Proses kultur jaringan dimulai dengan memotong bagian tanaman yang akan dibiakkan dalam media kultur. Tanaman yang dikulturkan disebut eksplan, selanjutnya akan membelah membentuk masa sel yang belum terdifferensiasi, yaitu kalus. Kalus yang terus tumbuh dan berkembang menjadi planlet. Tanaman utuh yang memiliki akar, batang dan daun disebut planlet. Proses menentukan warna planlet menggunakan penglihatan mata dan di Laboratorium Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki satu buku Munsell Color Charts. Pada permasalah yang ada, peneliti bertujuan untuk membuat aplikasi pengolahan citra mendeteksi warna planlet. Tanaman berdasarkan buku munsell color charts dengan menggunakan metode euclidean distance dapat mendeteksi warna tanaman. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode waterfall. Aplikasi ini dibuat utuk meningkatkan akurasi dalam menentukan warna planlet tanaman. Pembuatan aplikasi pengkodean yang digunakan adalah bahasa pemrograman C# Visual Studio 2015 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, keberhasilan proses deteksi warna dengan menggunakan metode Euclidean Distance adalah 80%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan metode Euclidean Distance dapat digunakan untuk mendeteksi warna tanaman planlet. Kata Kunci : Pengolahan citra, Warna planlet, Euclidean Distance.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:38
Last Modified: 03 Mar 2020 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22541

Actions (login required)

View Item View Item