PENILAIAN KUALITAS TANAH PADA LAHAN PERTANIAN LUAPAN MUARA SUNGAI OPAK DI WILAYAH DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

KHALISTHA, BAIK ALYA (2020) PENILAIAN KUALITAS TANAH PADA LAHAN PERTANIAN LUAPAN MUARA SUNGAI OPAK DI WILAYAH DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian Kualitas Tanah Pada Lahan Pertanian Luapan Muara Sungai Opak Di Wilayah Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul.
Oleh: Baik Alya Khalistha
Dibimbing oleh: Didi Saidi dan Miseri Roeslan Afany
ABSTRAK
Lahan pertanian di Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul seringkali terendam oleh air payau pada saat musim kemarau dikarenakan dorongan air laut lebih besar dibandingkan air sungai sehingga air laut masuk kedalam muara sungai dan masuk kedalam lahan pertanian warga. Luapan tersebut memiliki kandungan kadar garam yang besar sehingga meningkatkan kandungan garam di dalam tanah. Peningkatan kandungan garam ini ditandai nilai daya hantar listrik (ECe) yang cukup tinggi yaitu 11,76 mS/cm pada lahan yang sering terendam. Kejadian ini berlangsung selama bertahun-tahun sehingga memengaruhi kualitas tanah pada lahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Indeks Kualitas Tanah (IKT) dan untuk mengetahui kualitas tanah pada lahan pertanian yang terkena luapan muara Sungai Opak di Desa Srigading Kecamatan Sanden. Penilaian kualitas tanah dilakukan dengan cara menghitung nilai Indeks Kualitas Tanah (IKT) terhadap fungsi tanah yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Pengambilan sampel didasarkan atas nilai ECe didalam tanah dari muara Sungai Opak. Terdapat 12 sampel tanah yang diambil berdasarkan dengan jarak dari muara Sungai Opak dan nilai ECe yaitu sampel tanah dengan jarak 50 meter yang memiliki nilai ECe tertinggi, 350 meter memiliki nilai ECe sedang, dan 700 meter memiliki nilai ECe yang rendah serta sampel tanah kontrol yang tidak terkena dampak luapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel tanah dengan jarak 50 meter dengan ECe tertinggi memiliki nilai IKT 0,54 dengan kriteria sedang. Sampel tanah dengan jarak 350 meter dengan nilai ECe sedang memiliki nilai IKT 0,64 dengan kriteria baik. Sampel tanah dengan jarak 700 meter dengan nilai ECe rendah memiliki nilai IKT 0,65 dengan kriteria baik. Sampel tanah kontrol memiliki nilai IKT 0,37 dengan kriteria buruk.
Kata Kunci : Kualitas tanah, Indeks kualitas tanah, Lahan luapan muara sungai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:15
Last Modified: 24 Feb 2023 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22530

Actions (login required)

View Item View Item