RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI PENAMBANGAN TANAH URUG CV WASESO JATI DI DUSUN KEPYAR, DESA JANGGLENGAN, KECAMATAN NGUTER, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH

Asrilyanto, Asrilyanto (2020) RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI PENAMBANGAN TANAH URUG CV WASESO JATI DI DUSUN KEPYAR, DESA JANGGLENGAN, KECAMATAN NGUTER, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover S1 Asrilyanto 114140052.pdf]
Preview
Text
Cover S1 Asrilyanto 114140052.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi S1 Asrilyanto 114140052.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi S1 Asrilyanto 114140052.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Intisari - Abstrack S1 Asrilyanto 114140052.pdf]
Preview
Text
Intisari - Abstrack S1 Asrilyanto 114140052.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan S1 Asrilyanto 114140052.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan S1 Asrilyanto 114140052.pdf

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-S1-Asrilyanto-114140052.pdf] Text
Skripsi-S1-Asrilyanto-114140052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan penambangan tanah urug di Dusun Kepyar, Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang sedang berjalan menimbulkan tebing yang terjal akibat aktivitas penambangan. Kegiatan penambangan ini dilakukan dengan sistem penambangan terbuka (quarry). Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi eksisting lahan akibat kegiatan penambangan tanah urug dan menentukan rancangan teknis reklamasi tambang yang sesuai dengan lahan dan peruntukan di rencana tata ruang dan wilayah di lokasi penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian diantara adalah metode survei dan pemetaan, serta metode evaluasi deskriptif. Penelitian diawali dengan persiapan data sekunder yang digunakan sebagai dasar pengambilan data di lapapangan. Data sekunder berupa peta, data demografi dan data klimatologi. Pemetaan topografi eksisting menjadi data lapangan yang diambil pertama kali sebagai data dasar untuk pengukuran parameter berikutnya. Pengambilan data dilanjutkan dengan mengukur tinggi dinding galian, batas tepi galian, relief dasar galian, tutupan vegetasi dan tanah pucuk. Dilakukan juga Crosscheck dan pemetaan satuan batuan, jenis tanah serta pengambilan sampel batuan dan tanah, kemudian crosscheck penggunaan lahan. Hasil Pengukuran dan pengamatan dideskripsikan untuk menggambarkan kondisi eksisting lahan tambang berdasarkan parameter-parameter kriteria kerusakan lingkungan yang mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.43 Tahun 1996. Analisis kondisi eksisting lahan area penambangan serta evaluasi kesesuaian lahan untuk revegetasi menjadi acuan dalan arahan reklamasi pada daerah penelitian dan yang sesua dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah di daerah penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diketahui kondisi eksisting lahan tambang dari 5 parameter terdapat 4 parameter yang tidak sesuai dengan batas maksimum yaitu Tinggi dinding galian lebih dari 3 meter, relief dasar galian, lebih dari 1 meter, tutupan vegetasi tidak mencapai 50% dan tanah pucuk yang tidak dilakukan pengelolaan. Parameter sesuai adalah batas tepi galian kurang dari 5 meter. Dari hasil analisis yang dilakukan, maka arahan teknis reklamasi yang dianjurkan dengan pembuatan teras bangku dengan perbandingan tinggi 3 meter dan lebar teras 6 meter serta pembuatan SPA. Tanaman yang digunakan untuk revegetasi yaitu tanaman sengon. Sebagai tanaman pionir, sengon merupakan tumbuhan asli yang mudah tumbuh dan banyak ditanam oleh masyarakat.
Kata Kunci: Tanah Urug, Kondisi eksisting, Reklamasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:29
Last Modified: 06 Jan 2023 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22521

Actions (login required)

View Item View Item