RANCANGAN TEKNIK REKLAMASI LAHAN PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DUSUN SIDOREJO, DESA KARANGTENGAH, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ramadhan, Dwi Fahri (2020) RANCANGAN TEKNIK REKLAMASI LAHAN PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DUSUN SIDOREJO, DESA KARANGTENGAH, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Skripsi-S1-Dwi-Fahri-R.-114140064.pdf] Text
1.-Skripsi-S1-Dwi-Fahri-R.-114140064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Dusun Sidorejo, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Penambangan pada lokasi penelitian tidak dilakukan dengan benar dan tidak disertai dengan adanya pengelolaan lingkungan yang baik sehingga dapat mengakibatkan menurunnya tingkat produktivitas lahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting lahan akibat kegiatan penambangan kalkarenit dan menentukan rancangan teknis reklamasi yang tepat sesuai kondisi eksisting.
Metode yang digunakan yakni metode survey dan pemetaan lapangan, pengambilan sampel tanah, analisis laboratorium dan metode evaluasi. Pengukuran parameter kemiringan dinding galian, tinggi dinding galian, relief dasar galian, tutupan vegetasi, kondisi jalan dan penggunaan lahan. Hasil pengukuran dan pengamatan dideskripsikan untuk menggambarkan kondisi eksisting lahan yang mengacu pada Keputusan Gubernur DIY No. 63 Tahun 2003 Tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/Atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C. Penentuan rancangan teknis reklamasi dan revegetasi disesuaikan dengan peruntukan lahan sesuai dengan RTRW Kabupaten Gunungkidul.
Berdasarkan pengukuran dan analisis diketahui kondisi eksisting lahan tambang sebagai berikut: tidak adanya pengelolaan tanah pucuk, relief dasar galian, kemiringan dinding galian, kondisi jalan, serta tutupan lahan oleh vegetasi tidak sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY No. 63 Tentang Baku Kerusakan Lingkungan kondisi eksisting lahan tergolong rusak. Teknik reklamasi yang disarankan adalah membuat teras bangku dengan tinggi 3 meter dan lebar 6 meter serta pembuatan Saluran Pembuangan Air (SPA) dengan curah hujan tertinggi pada bulan Maret 2017 sebesar 35,9 mm/jam. Teknik penanaman pada sistem tanam monokultur tanam meggunakan sistem tanam pot ukuran 0,027 m3 dengan jarak tanam 3m x 3m. Tanaman pioner yang digunakan adalah pohon jati dan rumput vetiver sebagai cover crop.
Kata Kunci : Kegiatan Penambangan, Kalkarenit, Reklamasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:16
Last Modified: 24 Feb 2023 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22520

Actions (login required)

View Item View Item