OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMINIMASI TOTAL ONGKOS PRODUKSI MENGGUNAKAN LINIER PROGRAMMING DAN PROBABILISTIK Q (Studi Kasus di CV Panda Food, Yogyakarta)

Parmana, Lailatus Shoimah (2020) OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMINIMASI TOTAL ONGKOS PRODUKSI MENGGUNAKAN LINIER PROGRAMMING DAN PROBABILISTIK Q (Studi Kasus di CV Panda Food, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-Lailatus Shoimah Parmana.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

CV Panda Food merupakan salah satu usaha industri yang bergerak dibidang produksi makanan olahan rumput laut. Perusahaan tersebut menerapkan sistem produksi Make to Stock (MTS) untuk memenuhi permintaannya yang fluktuatif pada setiap Distribution Center (DC) yang dimiliki. Hal ini mengakibatkan adanya permintaan yang tidak terpenuhi, seperti yang terjadi pada Bulan November, Desember, dan Januari yang berturut-turut sebesar 27,879%, 44,87%, dan 48,65%. Permintaan yang tidak terpenuhi juga disebabkan oleh keterbatasan sumber daya yang dimliki serta perencanaan produksi yang bersifat subjektif, sehingga berdampak pada tidak tersedianya bahan baku dan menghambat proses produksi. Konsekuensi yang akan diterima perusahaan berupa penalti, dimana besarnya penalti yang diberikan bergantung pada besarnya permintaan yang tidak dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perencanaan produksi dengan meminimasi total ongkos produksi dan melakukan perencanaan pengadaan bahan baku yang optimal. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dilakukan perencanaan produksi dan perencanaan pengadaan persediaan yang optimal. Langkah-langkah penyelesaian masalah diawali dengan melakukan perencanaan produksi menggunakan metode Linier Programming. Output yang diberikan berupa jumlah optimal yang harus diproduksi oleh perusahaan pada periode tersebut sehingga total ongkos produksi menjadi minimal. Kemudian, dilakukan perencanaan pengadaan bahan baku dengan menggunakan Metode Probabilistik Model Q sehingga didapatkan kuantitas pemesanan yang optimal untuk menekan biaya inventori. Hasil dari penelitian ini berupa perencanaan produksi yang optimal untuk bulan Juni 2019 hingga Desember 2019 dengan perkiraan Total Ongkos Produksi optimal yang akan dikorbankan oleh perusahaan sebesar Rp2.036.633.700,-. Sedangkan untuk perencanaan pengadaan bahan baku dengan menggunakan metode yang disarankan mampu menekan biaya inventori sebesar 1,42% per bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2020 08:44
Last Modified: 06 Feb 2020 08:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item