ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENENTUKAN JALUR TERCEPAT EVAKUASI KEBAKARAN LUBANG TAMBANG BAWAH TANAH (STUDI KASUS : PETA DASAR TAMBANG DALAM II PT. KITADIN-EMBALUT)

Zagallo, Mohammad Vigar Fero (2019) ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENENTUKAN JALUR TERCEPAT EVAKUASI KEBAKARAN LUBANG TAMBANG BAWAH TANAH (STUDI KASUS : PETA DASAR TAMBANG DALAM II PT. KITADIN-EMBALUT). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123150086_M VIGAR FERO ZAGALLO.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123150086_M VIGAR FERO ZAGALLO.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING_123150086_M VIGAR FERO Z.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI_123150086_M VIGAR FERO ZAGALLO.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_Full_123150086_M VIGAR FERO ZAGALLO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tambang bawah tanah sering terjadi berbagai macam bencana, mulai dari dalam lingkungan tambang maupun dari alam. Pada tambang bawah tanah dapat diasumsikan terjadi berbagai macam sumber panas yang dapat meningkatkan suhu udara di area tambang bawah tanah. Berbagai sumber panas yang ada pada area tambang bawah tanah dapat menyebabkan terjadinya kebakaran pada salah satu ruangan yang digunakan oleh pekerja. Untuk itu perlu dilakukan tindakan preventif agar tidak ada korban saat terjadi kebakaran. Banyak dari pelaku tambang bawah tanah kurang memperhatikan tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Sensor yang dipasang untuk mendeteksi kebakaran hanya digunakan untuk memantau api saja. Algoritma Dijkstra merupakan algoritma pencarian grafik yang memecahkan masalah jalur terpendek satu sumber untuk grafik yang memiliki jarak atau beban tertentu non-negatif. Penelitian ini memfokuskan pada pencarian rute evakuasi saat terjadinya kebakaran lubang tambang pada peta dasar tambang dalam II PT. Kitadin-Embalut. Pencarian rute evakuasi menggunakan bantuan software Kazemaru untuk proses simulasi kebakaran. Hasil dari pencarian rute evakuasi menunjukan bahwa algoritma Dijkstra mampu menemukan jalur tercepat dan paling aman. Pengujian sistem menunjukan hasil yang efisien dibandingkan dengan menggunakan pencarian rute evakuasi secara manual. Berdasarkan pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem telah bekerja cukup baik untuk menentukan rute evakuasi. Kata Kunci : Jalur Tambang, Kebakaran, Rute Evakuasi, Algoritma Dijkstra, Kazemaru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:32
Last Modified: 05 Feb 2020 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item