PENENTUAN JUMLAH PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi kasus di UKM property tari sektor Sleman Timur)

Saputro, Ferdie Jordan (2020) PENENTUAN JUMLAH PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE PERIODIC REVIEW SYSTEM (Studi kasus di UKM property tari sektor Sleman Timur). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada sektor Sleman Timur memiliki lima dari delapan UKM yang masih aktif berproduksi yaitu Pelangi Entertaiment (PE), Adek collection (AC), Panen Art (PA), Morsen studio (MS), JL production (JL). Lima UKM tersebut dapat dikatagorikan Make To Stock dan Make To Order repetitif. Dalam pembuatan property lima UKM tersebut menggunakan bahan baku yang sama yaitu kain keras. UKM PE, AC, PA, MS dan JL mempunyai gudang yang sama untuk menampung item yang siap dipasarkan. Pemesanan bahan baku ke supplier yang dilakukan oleh lima UKM tersebut secara periodik, dengan cara memesan produk setiap bulan sekali. Terkait dengan permintaan konsumen yang tidak diketahui mengakibatkan pada waktu tertentu perusahaan sering mengalami kekurangan persediaan. Kekurangan persediaan selalu terjadi setiap bulan, sehingga mengakibatkan permintaan konsumen tidak dapat diberikan tepat waktu, keterlambatan penyelesaian pesanan karena periode waktu pemesanan kurang tepat antara periode pemesanan satu dengan periode pemesanan selanjutnya. Sebagai bentuk kompensasi jika terjadi keterlambatan pengiriman item ke konsumen pihak UKM memberikan diskon harga jual terhadap konsumen, sehingga akan mengurangi keuntungan. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah menentukan jumlah dan waktu antar pemesanan pada lima UKM properti sektor Sleman Timur menggunakan metode periodic review system agar jumlah persediaan optimal untuk meminimumkan biaya. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian persediaan kain keras di UKM Sleman Timur yaitu interval waktu antar pemesanan yang optimal yaitu 0,0367 Tahun (13 hari), dengan batas maksimal digudang untuk masing-masing produk yaitu pangkat sebesar 55 meter, deker tangan sebesar 88 meter dan kelat bahu sebesar 94 meter. Sehingga total biaya persediaan yang dikeluarkan adalah Rp 217.983.048,10- dan menggunakan metode periodic review system menghasilkan total biaya persediaan lebih minimal dibandingkan dengan kebijakan yang di terapkan oleh UKM dengan persentase penurunan biaya sebesar 16,1619 %. Kata Kunci: Periodic Review System, Model P, WinQSB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:03
Last Modified: 03 Feb 2020 08:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item