TEKNIK REKLAMASI PASCATAMBANG BATUGAMPING KALKARENIT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DUSUN NGENTAK, DESA CANDIREJO, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pratama, Yudhistira Galih (2020) TEKNIK REKLAMASI PASCATAMBANG BATUGAMPING KALKARENIT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DUSUN NGENTAK, DESA CANDIREJO, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (835kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Keterdapatan bahan galian batu gamping di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin menjadi komoditi pilihan yang tidak memerlukan teknologi penambangan yang rumit dan mudah dipasarkan menjadi penyebab timbulnya aktivitas penambangan dalam skala kecil. Aktivitas penambangan yang sudah berjalan lebih dari tahun 2000 tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan berdampak pada kerusakan lahan. Penelitian ini bertujuan mengkaji tingkat kerusakan lahan dan merancang teknis reklamasi yang sesuai dengan kondisi kerusakan di lokasi penelitian. . Parameter pengharkatan untuk Kerusakan Lingkungan mengacu pada Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 63 Tahun 2003, yang diukur pada area penambangan yaitu tinggi dinding galian, batas kemiringan tebing galian, batas kedalaman galian dari tanah awal, kondisi jalan, batas tepi galian, serta penutupan lahan oleh vegetasi yang tersebar di lima zonasi yang ditentukan berdasarkan kondisi kemiringan lereng yang dihitung dengan metode pola kontur. Parameter pada analisis kualitas tanah di laboratorium meliputi C-organik, N-total, K2O-total, P2O5 tersedia. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan tingkat kerusakan lahan ringan pada blok 5, sedang pada blok 1 dan 2 dan berat pada blok 3 dan 4 pada daerah penambangan batugamping. Rencana reklamasi di Dusun Ngentak, Desa Candirejo mengacu pada kondisi fisik yang ada di lapangan. Pembuatan jenjang yang direncanakan dalam kegiatan penambangan di lokasi penelitian adalah tinggi jenjang 3 meter, lebar jenjang 6 meter. Perencanaa revegetasi reklamasi menggunakan rumput vertiver sebagai cover crop dan tanaman mangga sebagai tanaman musiman dengan jarak tanam 5 meter x 5 meter dengan rancangan sistem pot. Lubang tanam menggunakan ukuran 1 m3 (1 m x 1 m x 1 m) sebanyak 1180 pot dengan luas lahan reklamasi sebesar 29.503 m2. Kata kunci: Penambangan, Kerusakan Lahan, Rencana Reklamasi, Revegetasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:09
Last Modified: 03 Feb 2020 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item