DETEKSI DINI PADA WILAYAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN IOT (INTERNET OF THINGS) DAN GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) DENGAN API ARCGIS SECARA REAL-TIME

Suwito, Wibowo Dwi (2020) DETEKSI DINI PADA WILAYAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN IOT (INTERNET OF THINGS) DAN GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) DENGAN API ARCGIS SECARA REAL-TIME. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER_123150032_Wibowo Dwi Suwito.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_123150032_Wibowo Dwi Suwito.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123150032_Wibowo Dwi Suwito.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123150032_Wibowo Dwi Suwito.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United Nation International Strategic Disaster Risk (UN-ISDR) bahwa Indonesia menjadi negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia. Pemerintah pun telah mencoba berbagai cara dalam menangani banjir yaitu dengan Early Warning System (EWS)/ peringatan dini agar pihak terkait dapat melakukan antisipasi. Salah satu upaya mutlak dalam mewujudkan masyarakat yang siap dan sigap dalam menghadapi bencana yang di kemudian hari bisa membantu dalam pengambilan keputusan lebih awal dan meminimalisir kerugian dengan bantuan IoT (Internet of Things) yang dipadukan dengan GIS (Geographic Information System). Penelitian ini berfokus pada sistem pendeteksi banjir berbasis IoT yang terintegrasi dengan GIS sebagai upaya peringatan dini jika terjadi banjir bagi masyarakat dengan data yang dikirim secara real-time. Sistem informasi geografi yang diterapkan yaitu API ArcGIS For Javascript yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan API Google Maps. Data ketinggian air didapatkan dari NodeMCU ESP8266 yang terdapat sensor ultrasonik dengan membaca pantulan gelombang. Data gelombang yang didapat dinormalisasikan dengan metode normalisasi statistika yaitu menghitung standar deviasi data tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan sensor ultrasonik memiliki tingkat akurasi mendekati 100% yaitu 98.43%, alat memiliki ketahanan yang baik, dan fungsionalitas interface cukup baik. Berdasarkan pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem telah cukup baik dalam memantau ketinggian air yang terintegrasi dengan IoT (Internet of Things) dan GIS (Geographic Information System).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:14
Last Modified: 30 Jan 2020 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item