PENYELIDIKAN UMUM POTENSI SUMBERDAYA EMAS PADA ENDAPAN ALUVIAL DENGAN METODE EKPLORASI LANGSUNG STREAM SEDIMENT DAN TEST PIT PADA BLOK BERATI DI PT MEGA XINXING INDONESIA, DISTRIK MAKIMI, KABUPATEN NABIRE, PROVINSI PAPUA

ANDRA, GARY PUTRA (2019) PENYELIDIKAN UMUM POTENSI SUMBERDAYA EMAS PADA ENDAPAN ALUVIAL DENGAN METODE EKPLORASI LANGSUNG STREAM SEDIMENT DAN TEST PIT PADA BLOK BERATI DI PT MEGA XINXING INDONESIA, DISTRIK MAKIMI, KABUPATEN NABIRE, PROVINSI PAPUA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18122019112128-0001.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
DRAFT SIDANG COVER - LAMPITAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Potensi keberadaan logam emas yang berada di Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua menarik perhatian berbagai investor untuk berinvestasi dalam bisnis pertambangan emas, oleh karena itu diperlukan penyelidikan umum untuk mengetahui keberadaan emas placer, pola penyebaran endapan dan perhitungan sumberdaya pada daerah IUP Eksplorasi PT Mega Xinxing Indonesia. Penyelidikan Umum merupakan kegiatan penyelidikan untuk mencari dan mengidentifikasi deposit serta potensi sumberdaya yang ada di daerah tertentu yang nantinya akan dilanjutkan ketahap eksplorasi. Kegiatan Penyelidikan umum ini menggunakan metode geological surface mapping yaitu metode penyelidikan langsung dilapangan dengan mencari singkapan, mengamati bentuk morfologi, pengambilan sampel pada singkapan, dan pencatatan data serta melakukan kegiatan test pit untuk mengetahui ketebalan endapan dan luas daerah pengaruh guna perhitungan sumberdaya, dan kemudian melakukan pengambilan sampel geokimia dengan menggunakan metode stream sediment dengan menggunakan ayakan berukuran 80# yang nantinya akan di uji laboratorium bersama sampel batuan yang diambil pada singkapan. Kegiatan penyelidikan ini dimulai dari tahap penyelidikan pra-lapangan yaitu dengan membuat peta situasi pada daerah penyelidikan menggunakan citra satelit, kemudian melakuakan kegiatan penyelidikan lapangan yaitu dengan penerapan metode geological surface mapping dan stream sediment, kemudian melakukan penyelidikan laboratorium dengan menganalisis hasil data yang diambil pada kegiatan penyelidikan lapangan baik dengan analisis fisika dan analisis kimia, dan melakukan perhitungan sumberdaya. Hasil dari kegiatan penyelidikan ini dapat simpulkan bahwa batuan yang berada dalam lokasi penyelidikan pada umumnya telah teralterasi dan termineralisasi sehingga menjadi batuan sumber mineral logam berupa emas, litologi penyusun wilayah izin usaha PT Mega Xinxing Indonesia di daerah blok Berati terdiri dari: Satuan endapan batupasir tufan, Satuan lava basalt, Satuan endapan aluvial. Keberada mineral logam emas yang dijumpai pada endapan aluvial dan teras sungai merupakan hasil rombakan dari batuan yang sudah ada sebelumnya kemudian mengalami proses sedimentasi sehingga terendapkan pada endapan-endapan aluvial dan teras sungai. Keberadaan sumberdaya emas alluvial yang ada di blok Tobo dalam wilayah izin usaha PT Mega Xinxing Indonesia dengan luas 2012 ha memiliki nilai sumber daya emas tereka 104,282 ton pada ketebalan material rata-rata 1 (satu) m.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:43
Last Modified: 29 Jan 2020 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22358

Actions (login required)

View Item View Item