ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BIJIH PLASTIK UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SILVER MEAL (Studi Kasus di PT Yogya Presisi Tekhnikatama Industri, Yogyakarta)

Bintari, Ni Made Septia (2019) ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BIJIH PLASTIK UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SILVER MEAL (Studi Kasus di PT Yogya Presisi Tekhnikatama Industri, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
1. Skripsi.Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri atau yang biasa disebut PT YPTI adalah sebuah perusahaan manufacture yang bergerak di bidang pembuatan mould (cetakan) suatu produk komponen logam dan plastik dan Spare Part untuk kebutuhan mesin-mesin industri. PT YPTI bekerjasama dengan berbagai supplier dan customer untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dan meminimalkan pengeluaran. Pengendalian persediaan merupakan salah satu hal penting dalam menghadapi kondisi tersebut. Selama ini perusahaan belum memperhatikan dengan baik masalah pengendalian persediaan material untuk memenuhi target produksi, perusahaan akan memesan sebesar permintaan kebutuhan dengan waktu pemesanan terlalu sering tanpa mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan membengkak dan mengakibatkan total biaya persediaan menjadi tinggi. Penelitian ini di maksudkan untuk menyelesaikan permasalahan pengendalian persediaan material pada PT YPTI. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode algoritma silver meal. Prinsip dasar yang di gunakan dalam metode ini adalah menggabungkan periode periode pemesanan dengan mempertimbangkan kapasitas gudang dan memilih gabungan periode dengan biaya periode yang dikeluarkan terkecil. Biaya pemesanan akan lebih hemat, dimana pemesanan dengan jumlah lot yang lebih besar akan lebih murah daripada mengirim dalam lot yang lebih kecil beberapa kali. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan dapat menyelesaikan masalah perusahaan dibagian persediaan dengan menghasilkan total biaya persediaan sebesar Rp2.071.062.416. Sehingga terjadi penurunan biaya persediaan sebesar Rp. 31.586.527 atau sebesar 2%. Kata kunci : biaya persediaan, algoritma silver meal, peramalan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:41
Last Modified: 29 Jan 2020 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item