Pemilihan Supplier Menggunakan Preference Ranking Organization Method for Enrichment (Promethee) dengan Pembobotan Entropy

Sentiko, Katon and Nafisah, Laila and Berlianty, Laila (2014) Pemilihan Supplier Menggunakan Preference Ranking Organization Method for Enrichment (Promethee) dengan Pembobotan Entropy. In: ROSIDING SEMINAR NASIONAL INDUSTRIAI ENGINEERING CONFERENCE 20 1 4-PERAN TEKNIK INDUSTRI DALAM PEMBERDAYAANINDUSTRI KECIL DAN MENENGAH UNTUK MENDUKUNGKETAHANAN DAN KEMANDIRIAN PEREKONOMIAN BANGSA YANG BERKELANJUTAN, 6 Desember 2014, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IEC 2014_2_Laila Nafisah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang usaha toko keramik dan bangunan yang memiliki 3 cabang toko usaha yang berada di Jl. Wates, Jl. Bantul, dan Jl. Syailendra, Borobudur, Magelang. Dalam perjalanannya pada April 2011 usaha toko keramik dan bangunan yang berada di Borobudur, Magelang, mengalami proses pengambilalihan usaha ke pemilik barunya. Seiring berjalannya waktu pemilik baru menemui kendala yaitu dalam pengadaan dua tipe produk keramiknya yang dipesan dari supplier yang ada yaitu picasa chess beige dan ravena. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemilihan supplier yang tepat berdasarkan kebutuhan urutan prioritas produk keramik yang dikehendaki konsumen dapat terpenuhi dengan baik. Penelitian ini membahas mengenai pemilihan supplier dengan menggunakan promethee dengan pembobotan entropy. Dalam integrasi ini penghitungan entropy digunakan untuk menghitung bobot masing-masing kriteria dan pada perhitungan promethee digunakan untuk menentukan rangking dari supplier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan urutan prioritas alternatif supplier yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemilik usaha, yaitu adalah kriteria harga, lama pengiriman, ketepatan produk pesanan, pelayanan dan toleransi waktu pembayaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pemitilnn supplier, Enfiopy, ptomethe
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.T, M.T LAILA NAFISAH
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:10
Last Modified: 27 Jan 2020 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

View Item View Item