KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT TERHADAP PENGUPASAN MATERIAL TANAH PENUTUP DI PT. MANGGALA USAHA MANUNGGAL SITE BARA ANUGRAH SEJAHTERA SUMATERA SELATAN

RIDHO, MUHAMMAD IKHSAN (2020) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT TERHADAP PENGUPASAN MATERIAL TANAH PENUTUP DI PT. MANGGALA USAHA MANUNGGAL SITE BARA ANUGRAH SEJAHTERA SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PT. Manggala Usaha Manunggal (PT. MUM) merupakan kontraktor pertambangan
batubara yang dipercaya oleh PT. Bara Anugrah Sejahtera (PT. BAS). Sistem
penambangan dilakukan dengan tambang terbuka dengan metode stripe mine.
Penambangan berada di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung,
Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Lokasi penelitian dilakukan di
fleet-1 pada Pit bagian utara. Kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup dilakukan
menggunakan kombinasi alat gali – muat Backhoe Hitachi EX 1200-6 dan 5 unit
alat angkut Dumptruck Caterpillar 773E. Jarak angkut dari front penambangan
menuju disposal 1 sejauh 1.500 meter.
Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi tanah
penutup sebesar 215.000 BCM/bulan. Produksi aktual pada fleet-1 selama satu
tahun rata-rata sebesar 155.112 BCM/bulan sehingga masih kurang 27,86 % untuk
tercapai target produksi. Hal ini disebabkan rendahnya waktu kerja efektif akibat
hambatan-hambatan yang ada, geometri jalan yang belum memenuhi standar dan
belum optimalnya jumlah curah mangkuk ke alat angkut.
Upaya peningkatan produksi yang dapat dilakukan agar target produksi fleet-1
tercapai yaitu meningkatkan waktu kerja efektif dengan mengurangi waktu
hambatannya, memperlebar jalan angkut dan menambah jumlah curah mangkuk ke
alat angkut. Kemampuan produksi setelah dilakukan upaya tersebut meningkat dari
155.112 BCM/bulan menjadi 238.689 BCM/bulan, sehingga target produksi tanah
penutup sebesar 215.000 BCM/bulan dapat tercapai.
Kata Kunci: Waktu Kerja Efektif, Perlebaran Jalan Angkut, Penambahan Curah
Mangkuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:57
Last Modified: 09 Feb 2023 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item