KAJIAN PENURUNAN KUALITAS BATUBARA PENGIRIMAN TANJUNG ENIM DI STOCKPILE PT BUKIT ASAM TBK UNIT PELABUHAN TARAHAN LAMPUNG

AYU PUTRI PUSPITASARI, DWITA (2020) KAJIAN PENURUNAN KUALITAS BATUBARA PENGIRIMAN TANJUNG ENIM DI STOCKPILE PT BUKIT ASAM TBK UNIT PELABUHAN TARAHAN LAMPUNG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
3. COVER .pdf

Download (146kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (333kB)

Abstract

PT Bukit Asam Tbk, merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan batubara dan energi. Dalam pemenuhan permintaan konsumen, dilakukan proses pengiriman batubara dari Tanjung Enim Ke Unit Pelabuhan Tarahan dengan menggunakan gerbong kereta api. Selama proses pengiriman juga penumpukan di stockpile terdapat faktorfaktor yang mempengaruhi penurunan kualitas dari batubara. Oleh karena itu, perlu dilakukannya analisis terhadap penurunan kualitas batubara pengiriman dari Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) di Stockpile Unit Pelabuhan Tarahan agar dapat diketahui faktor-faktor penyebab penurunan kualitas batubara juga standar kualitas dari perusahaan dapat tetap terjaga. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode statistika yaitu statistika deskriptif, uji beda rata-rata independen, uji korelasi, dan uji regresi. Parameter batubara yang mengalami perbedaan yang signifikan selama dilakukan pengiriman adalah kandungan abu dan GCV. Berdasarkan analisis regresi, didapatkan bahwa parameter kandungan TM dan kandungan abu merupakan parameter yang paling berpengaruh terhadap perubahan nilai kalor. Model regresi terbaik untuk menjelaskan hubungan tersebut adalah GCV = 7001,711 – 66,153TM – 35,381ASH (Tanjung Enim) dan GCV = 7093,194 – 55,530ASH – 67,251TM (Tarahan). Faktor-faktor penyebab terjadinya penurunan batubara antara lain, kegiatan pengangkutan batubara, kontaminasi selama pengangkutan, degradasi ukuran butir, dan kesalahan dalam pengukuran kualitas batubara. Upaya untuk menjaga kualitas batubara selama pengiriman dapat dilakukan dengan menutup bak gerbong kereta api, peningkatan kontrol kualitas, dilakukannya pemadatan saat penumpukan, serta diadakan evaluasi terhadap tatacara pengambilan sampel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:45
Last Modified: 24 Jan 2020 03:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item