RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN ANDESIT CV. ELLYTA KARYA PRATAMA, WATUBELAH SIDOMULYO, PENGASIH, KULON PROGO D.I.YOGYAKARTA

PRASETYO, DEDEK (2020) RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN ANDESIT CV. ELLYTA KARYA PRATAMA, WATUBELAH SIDOMULYO, PENGASIH, KULON PROGO D.I.YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (356kB)

Abstract

CV. Ellyta Karya Pratama adalah perusahaan tambang Andesit yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan saat ini mengalami penurunan produksi dari 80.000 m3 menjadi 40.000 m3, sehingga diperlukan rancangan teknis penambangan yang sesuai meliputi kemajuan penambangan, geometri jalan angkut, dan kebutuhan alat mekanis yang sesuai. Penambangan CV. Ellyta Karya Pratama menerapkan sistem tambang terbuka dengan metode kuari berupa kuari side hill type. Penambangan dilakukan dari arah Barat Daya ke Timur Laut dengan hasil desain tambang rancangan pembongkaran adalah 14.171,75 m3 untuk triwulan pertama, 12.216,85 m3 untuk triwulan kedua, 13.263,55 m3 untuk triwulan ketiga, 14.228,47 m3untuk triwulan keempat. Geometri jenjang yang digunakan mengacu pada rekomendasi geoteknik dengan tinggi 13 m, sudut kemiringan maksimal 82o dan lebar jenjang 4 m. Rancangan jalan angkut didasarkan pada alat angkut dump truck Toyota Dyna 130HT, sehingga lebar jalan minimum jalan angkut 2 jalur yaitu 7,5 m dengan kemiringan jalan (grade) 9% dan cross slope 14 cm. Pembongkaran andesit dilakukan dengan hydraulic breaker, alat yang digunakan adalah Rock Breaker Volvo EC210B. Alat muat menggunakan excavator Komatsu PC-200 sebanyak satu unit. Alat angkut yang digunakan adalah dump truck Toyota Dyna 130HT dengan jumlah dua belas unit. CV. Ellyta Karya Pratama memiliki rancangan teknis yang kurang sesuai dengan target produksi yang diinginkan. Rancangan kemajuan penambangan mencapai elevasi 258 mdpl, sedangkan dari rancangan awal mencapai elevasi 256 mdpl. Alat muat sebanyak satu unit tidak digunakan dan alat angkut sebanyak tiga unit tidak digunakan. Terdapat ketidaksesuaian pada rancangan awal maka diperlukan rancangan penambangan yang sesuai dan perlu pengawasan agar target produksi dapat tercapai. Alat mekanis yang tidak digunakan lebih baik dikembalikan atau diberhentikan masa sewanya agar tercapai keuntungan yang maksimal. Rancangan teknis yang baru menyebabkan hal lain menyangkut kegiatan pertambangan berubah sehingga perlunya penelitian lanjutan terutama mengenai pascatambang dan reklamasi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:30
Last Modified: 24 Jan 2020 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22283

Actions (login required)

View Item View Item