PENJADWALAN PRODUKSI FLOW SHOP MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL, DUDEK, SMITH DAN EARLIEST DUE DATE UNTUK MEMINIMASI TARDINESS (Studi Kasus di UKM Central Family Cilacap, Jawa Tengah)

Salsabila, Adh Dhuha Nurul (2020) PENJADWALAN PRODUKSI FLOW SHOP MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL, DUDEK, SMITH DAN EARLIEST DUE DATE UNTUK MEMINIMASI TARDINESS (Studi Kasus di UKM Central Family Cilacap, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UKM Central Family merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kaos kaki. UKM menerapkan sistem produksi make to order (MTO) dengan pola aliran produksi flow shop. Penjadwalan produksi yang diterapkan UKM menggunakan sistem first come first serve. Metode FCFS melakukan pengurutan job tanpa memperhatikan waktu produksi dan due date sehingga menyebabkan keterlambatan penyelesaian produk dan mengakibatkan adanya lembur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Campbell, Dudek, Smith dan Earliest Due Date. Penjadwalan dilakukan dengan memperhatikan perbedaan waktu proses dan due date pada setiap pesanan. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan usulan perbaikan dalam menyusun jadwal produksi yang lebih baik dan mampu meminimasi tardiness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dikembangkan dapat menurunkan keterlambatan penyelesaian produk dengan perbandingan penjadwalan perusahaan yaitu dengan total tardiness 45 hari dengan total tardiness penjadawalan usulan yaitu empat hari, dengan presentasi penurunan sebesar 91,1%. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan metode yang dikembangkan akan memberikan performasi yang lebih baik dari metode perusahaan. Kata kunci: Penjadwalan Flow Shop, Make to Order, First Come First Serve, Total Tardiness, Campbell Dudek Smith, Earliest Due Date.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:21
Last Modified: 23 Jan 2020 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item