MENENTUKAN INDEKS BAHAYA EROSI DENGAN METODE USLE PADA TANAMAN KENTANG DI DESA TIENG KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO

KURNIYANTO, RIZAL DHAYU (2020) MENENTUKAN INDEKS BAHAYA EROSI DENGAN METODE USLE PADA TANAMAN KENTANG DI DESA TIENG KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lahan pertanian di wilayah Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang berada di daerah pegunungan Dieng rentan terjadi erosi. Di daerah ini masih banyak petani yang membudidayakan tanaman di lahan miring dengan menanam tanaman atau membuat guludan searah lereng khususnya tanaman kentang. Hal tersebut tentunya tidak sesuai dengan kaidah konservasi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks bahaya erosi yang terjadi pada lahan yang ditanam tanaman kentang di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mengetahui kondisi umum wilayah dan metode purposive untuk penentuan titik sampel berdasarkan Peta Satuan Lahan yang dibuat dengan cara overlay peta tataguna lahan, peta jenis tanah, dan peta kemiringan lereng. Kemudian dilakukan survey lapangan dengan mengunjungi lokasi penelitian dan melakukan pengambilan sampel tanah pada masing-masing SPL (Satuan Peta Lahan). Analisis data dengan metode pendugaan erosi yaitu metode USLE (Universal Soil Loss Equation). Sampel tanah yang telah diambil kemudian dianalisis di laboratorium untuk mengetahui sifat tanah yang berhubungan dengan pendugaan erosi yaitu tekstur, BV, permeabilitas dan bahan organik tanah. Penentuan kelas Indeks Bahaya Erosi dengan menggunakan tabel Klasifikasi Indeks Bahaya Erosi dengan memasukan nilai erosi berdasarkan hasil pembagian erosi yang terjadi dengan erosi yang diperbolehkan. Berdasarkan hasil penelitian kelas indeks bahaya erosi dari masing-masing satuan lahan yaitu pada satuan lahan TG-L memiliki indeks bahaya erosi rendah, satuan lahan TG-Ac memiliki indeks bahaya erosi sedang, satuan lahan TG-C memiliki indeks bahaya erosi tinggi, dan satuan lahan TG-Sc memiliki indeks bahaya erosi sangat tinggi. Sedangkan pada pada tingkat bahaya erosinya, satuan lahan TG-L memiliki tingkat bahaya erosi sedang, satuan lahan TG-Ac dan TG-Sc tingkat bahaya erosinya berat dan pada satuan lahan TG-C tingkat bahaya erosinya sangat berat.
Kata Kunci : Desa Tieng, Indeks Bahaya Erosi, Tanaman Kentang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:42
Last Modified: 16 Jan 2023 02:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item View Item