PENENTUAN INTERVAL WAKTU PERAWATAN MESIN POLISHER MENGGUNAKAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (Studi Kasus UD. Dewi Sri, Sukoharjo)

Rezqiawan, Achmad Fadhli (2020) PENENTUAN INTERVAL WAKTU PERAWATAN MESIN POLISHER MENGGUNAKAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (Studi Kasus UD. Dewi Sri, Sukoharjo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UD. Dewi Sri merupakan sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dibidang pengolahan gabah menjadi beras berkualitas. Permasalahan yang sering terjadi adalah terhambatnya proses produksi karena mesin rusak secara mendadak yang kemudian menjadi downtime mesin. Tidak tepatnya jenis perawatan menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah tersebut. Dalam menentukan kegiatan perawatan yang efektif, penelitian ini menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Metode RCM dengan dilengkapi analisis Failure Mode and Effect Analysis diharapkan dapat mengidentifikasi komponen kritis, penyebab kegagalan, tindakan perawatan, serta interval waktu perawatan yang tepat, sehingga dapat memberikan kelancaran produksi dan keuntungan bagi perusahaan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan bahwa komponen kritis pada mesin polisher adalah komponen diesel. Tindakan perawatan yang sesuai adalah inspeksi mesin, yaitu berupa pembersihan umum, servis dan pelumasan komponen. Interval waktu perawatan yang optimal yaitu 36 hari dengan biaya sebelum usulan perawatan adalah sebesar Rp 3.610.007,50 dan setelah usulan perawatan sebesar Rp 3.287.606,20. Usulan perawatan dapat mengurangi biaya perawatan sebesar Rp. 322.401,20 atau sebanyak 8,93%. Kata Kunci: RCM, FMEA, Komponen Kritis, Interval Waktu Perawatan, Biaya Perawatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jan 2020 05:01
Last Modified: 23 Jan 2020 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22260

Actions (login required)

View Item View Item