GEOLOGI DAN LITOFASIES FORMASI BRANI DAERAH MINANGKABAU, KECAMATAN SUNGAYANG, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATRA BARAT.

Negara, Fauzian Sandhya (2020) GEOLOGI DAN LITOFASIES FORMASI BRANI DAERAH MINANGKABAU, KECAMATAN SUNGAYANG, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATRA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESEHAN.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FAUZIAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS 84 Zona 47S) 679500-682000 mT dan 9958000-9953500 mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam Desa Minangkabau Kecamatan Tanjungemas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Berdasarkan analisis aspek-aspek geomorfologi, bentuk lahan daerah penelitian dibagi menjadi 2 satuan, antara lain Satuan Bentuk Lahan Perbukitan Struktural (S1), Lembah Struktural (S2), Lereng Homoklin Berlereng Landai (S3), dan Bentuk Lahan Tubuh Sungai (F1). Stratigrafi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 3 satuan dari tua ke muda, antara lain satuan riodasit Tanjungemas yang berumur Pra-Tersier, satuan konglomerat Brani, dan satuan batupasir-kerikilan Brani yang berumur Paleosen. Hubungan stratigrafi satuan riodasit Tanjungemas dan satuan konglomerat Brani yaitu ketidakselarasan Nonconformity. Hubungan satuan konglomerat Brani dan satuan batupasir-kerikilan Brani yaitu selaras menjari. Struktur yang berkembang pada daerah telitian berupa kekar, dan sesar. Kekar dengan tegasan timurlaut- baratdaya dan timur laut-barat daya. Terdapat kelompok sesar timurlaut-baratdaya Sesar Tanjungemas 1 dan Sesar Tanjungemas 2 yang mana kedua sesar ini Normal Left Slip Fault (Rickard, 1972). Kelompok sesar timur-barat dengan nama sesar Normal Left Slip Fault (Rickard,1972). Lingkungan pengendapan pada daerah penelitian berada pada subaerial fan dan subaquoeus fan delta yang ditentukan berdasarkan analisis litofasies dan asosiasi litofasies. Lingkungan pengendapan pada satuan konglomerat Brani pada lingkungan subaerial fan, sedangkan lingkungan pengendapan satuan batupasir-kerikilan Brani pada lingkungan subaquoeus fan delta. Kata Kunci: Geologi, Analisis Litofasies, Lingkungan Pengendapan, Formasi Brani

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:09
Last Modified: 23 Jan 2020 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item