EVALUASI PENANGGULANGAN SCALE DENGAN ACID WASHING PADA FLOWLINE SUMUR “NK-21” LAPANGAN SUKOWATI PT. JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA

KOSHIM, FIRMAN RAMADHAN NUR (2020) EVALUASI PENANGGULANGAN SCALE DENGAN ACID WASHING PADA FLOWLINE SUMUR “NK-21” LAPANGAN SUKOWATI PT. JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)

Abstract

Pada suatu sumur penghasil minyak, ikut terproduksinya air akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang timbul dilapangan adalah problem terbentuknya scale. Pengendapan scale akan mengakibatkan penyempitan pada volume media aliran fluida di sepanjang pipa produksi yang berdampak pada penurunan kapasitaas aliran produksi. Pada sumur kajian NK-21 didapatkan adanya penurunan kapasitas aliran produksi setelah sumur kajian berproduksi beberapa lama yang di identifikasikan adanya endapan scale di sepanjang flowline dari wellhead sampai manifold. Hal ini dibuktikan dengan mengindentifikasi sumur menggunakan analisa kimia air formasi dengan metode Stiff-Dafis. Berkaitan dengan permasalahan yang ada pada sumur NK-21, upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi problem tersebut adalah dengan melakukan stimulasi acid washing. Acid washing adalah metode menginjeksikan asam kedalam flowline. Selanjutnya asam akan bereaksi dan melarutkan endapan CaCO3. Dengan demikian, diharapkan diameter pipa kembali kediameter semula dan dapat meningkatkan laju produksi. Dari hasil identifikasi analisa air formasi dengan metode Stiff-Dafis didapatkan harga Scaling index (SI) yaitu sebesar +2,44 (berharga positif) maka sumur kajian mengindikasikan kecenderungan terbentuknya scale kalsium karbonat (CaCO3). Untuk menanggulangi problem endapan scale pada flowline sumur NK-21 dilakukan proses pengasaman dengan tujuan agar endapan scale yang terbentuk dapat larut dalam asam yang diinjeksikan. Asam yang digunakan pada sumur NK-21 adalah HCL 15% (Hidrochloric Acid) ditambah dengan additive. Dari hasil evaluasi pengasaman ini didapatkan parameter-parameter yang menunjukan keberhasilan program pengasaman ini, diantaranya dari kapasitas aliran dalam pipa didapatkan peningkatan dari yang semula 1394 BFPD menjadi 1649 BFPD. Dan kapasitas laju alir prosduksi minyak (Nett) mengalami peningkatan dari semula 259 BOPD menjadi 282 BOPD. Kehilangan tekanan (∆P) sepanjang flowline mengecil dari yang semula 93 psi menjadi 76 psi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:59
Last Modified: 20 Jan 2020 07:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item