IMPLEMENTASI METODE CASE-BASED REASONING DAN COMPOSITE PERFORMANCE INDEX PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PAKET WISATA BERDASARKAN ANGGARAN YANG TERSEDIA (STUDI KASUS : BIROWISATA JOGJA JOURNEY YOGYAKARTA)

Raihan, Dzaky (2020) IMPLEMENTASI METODE CASE-BASED REASONING DAN COMPOSITE PERFORMANCE INDEX PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PAKET WISATA BERDASARKAN ANGGARAN YANG TERSEDIA (STUDI KASUS : BIROWISATA JOGJA JOURNEY YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
COVER_123140170_DZAKY RAIHAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
ABSTRAK_123140170_DZAKY RAIHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING_123140170_DZAKY RAIHAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_123140170_DZAKY RAIHAN.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kegiatan pariwisata merupakan aktivitas yang melibatkan orang-orang yang melakukan perjalanan. Perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain, bersifat sementara. Dalam melakukan perjalanan wisata membutuhkan biro perjalanan wisata yang membantu memberikan informasi mengenai berbagai tempat wisata, merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan wisata, serta melayani penjualan berbagai produk paket tour wisata lainnya. Salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen adalah meningkatkan pelayanan melalui penyampaian informasi secara cepat dan lengkap melalu web yang trsedia. Sistem rekomendasi pariwisata atau perjalanan menggunakan konsep ini untuk membantu para wisatawan untuk memutuskan tujuan perjalanan mereka, akomodasi dan peta lokasi tempat tujuan wisatawan Keinginan konsumen yang beragam dengan ketersediaan anggaran yang terbatas dan pencarian pemilihan paket tour wisata secara manual membutuhkan waktu yang lama sehingga konsumen harus menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dan dibutuhkannya. Case Base Reasoning (CBR) dalam sistem pemilihan paket tour wisata dan memperkirakan paket tour wisata yang sesuai dengan permintaan konsumen perlu dilakukan pencocokan kasus dengan data yang ada. Kasusnya adalah kondisi dan keinginan konsumen, yakni meliputi tujuan wisata, lokasi wisata, jenis wisata, jumlah wisatawan, fasilitas hotel, lama perjalanan wisata dan anggaran yang tersedia. Composite Performance Index(CPI) menggunakan cara pemecahan masalah dengan system Multiple Criteria Decision Making (MCDM) metode ini mentranformasikan skala yang berbeda menjadi nilai yang seragam sehingga diperoleh nilai alternative yang sudah terurut dan nilai tersebut akan digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode CPI untuk menentukan peringkat paket wisata sesuai dengan anggaran dari harga yang termurah sampai dengan termahal. Implementasi Metode Case Based Reasoning dan Composite Performance Index sudah mampu diterapkan dalam sistem yang dibangun, terbukti dari hasil nilai kecocokan yang dihasilkan sistem sama dengan nilai kecocokan melalui proses penghitungan secara manual. Dari hasil pengujian kecocokan sistem mendapatkan hasil bahwa Implementasi Sistem (Peneliti) lebih baik dengan nilai presentase yang didapat 90% dibanding Sistem Birowisata Jogja Journey (Pakar) dengan nilai pesentasi yang di dapat adalah 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:13
Last Modified: 20 Jan 2020 07:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item