ANALISIS GROUND VIBRATION DAN AIR BLAST PADA KEGIATAN PELEDAKAN BATUGAMPING DI KUARI 1 PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR, ACEH

MAHARDI, JUFRI (2019) ANALISIS GROUND VIBRATION DAN AIR BLAST PADA KEGIATAN PELEDAKAN BATUGAMPING DI KUARI 1 PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR, ACEH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak dan Abstract.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Lafarge Cement Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan dimana kegiatan penambangan batugamping dilakukan oleh PT. Macmahon Indonesia selaku kontraktor dari perusahaan PT. Lafarge Cement Indonesia. Kegiatan pembongkaran di lokasi penambangan dilakukan dengan pengeboran dan peledakan yang menimbulkan efek getaran tanah (ground vibration) dan suara ledakan (air blast) yang sangat beresiko terhadap lingkungan sekitar jika tidak dikontrol dengan baik mengingat dekatnya jarak dari lokasi peledakan ke daerah pemukiman warga Desa Mon Ikeun yang berjarak sekitar 800m. Instruksi kerja dari PT. Lafarge Cement Indonesia menetapkan standar peak particle velocity (PPV) ≤ 2,2 mm/s dan air blast ≤ 110 dB, dan berdasarkan SNI 7571:2010 bangunan pemukiman warga yang dekat dengan kuari 1 tergolong bangunan kelas 2, yaitu “Bangunan dengan pondasi, pasangan bata dan adukan semen, termasuk bangunan dengan pondasi dari kayu dan lantai nya diberi adukan semen” dengan standar peak particle velocity (PPV) ≤ 3 mm/s dan air blast ≤ 120 dB. Penulis melakukan evaluasi dari data hasil pengukuran ground vibration dan air blast aktual berdasarkan pendekatan dengan teori scaled distance, yang dihubungkan dengan grafik power regresi untuk memperoleh rumusan prediksi ground vibration dan air blast, yang ke depannya diharapkan bisa dijadikan acuan untuk menentukan jumlah isian bahan peledak/delay agar ground vibration dan air blast yang dihasilkan tidak melebihi batas aman. Hasil prediksi rumusan ground vibration dan air blast yang diperoleh selanjutnya dihitung koreksinya terhadap nilai ground vibration dan air blast aktual. Diperoleh koreksi rata-rata untuk peak particle velocity (PPV) prediksi yaitu sebesar 17,89% terhadap peak particle velocity (PPV) aktual dan air blast prediksi sebesar 9% terhadap air blast aktual. Rumusan prediksi ground vibration dan air blast kemudian digunakan untuk rekomendasi batasan maksimal untuk isian bahan peledak emulsi per lubang ledak di setiap zona di kuari 1, untuk jarak 500m isian/delay adalah 113,5kg, untuk jarak 600m isian/delay adalah 164kg, sedangkan untuk jarak 700m isian/delay adalah 223kg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:52
Last Modified: 20 Jan 2020 04:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item