ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI PEMBUDIDAYA IKAN NILA DALAM MEMILIH SALURAN PEMASARAN DI DESA JANTI KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN

YUNI ASTI SOFIANI, NONI (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI PEMBUDIDAYA IKAN NILA DALAM MEMILIH SALURAN PEMASARAN DI DESA JANTI KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
Noni Yuni Asti Sofiani_135120031_Cover.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Noni Yuni Asti Sofiani_135120031_Daftar Isi.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Noni Yuni Asti Sofiani_135120031_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Noni Yuni Asti Sofiani_135120031_Lembar Pengesahan.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis pengaruh pengalaman melakukan penjualan ikan nila, harga ikan nila, penerimaan diluar budidaya ikan nila, produksi ikan nila, dan tingkat pendidikan terhadap pengambilan keputusan pembudidaya ikan nila dalam memilih saluran pemasaran. 2) menganalisis besarnya keuntungan penjualan ikan nila yang diterima pembudidaya ikan nila yang memasarkan menggunakan saluran pemasaran I dengan saluran pemasaran II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif., metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode survey. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan responden penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani pembudidaya ikan nila dalam memilih saluran pemasaran di desa Janti kecamatan Polanharjo kabupaten Klaten menggunakan analisis regresi model logistik. Hasil analisis secara statistik diketahui bahwa faktor pengalaman melakukan penjualan, harga, penerimaan diluar budidaya, produksi, dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan petani pembudidaya ikan nila dalam memilih saluran pemasaran. Keuntungan rata-rata yang didapat petani pembudidaya ikan nila yang memasarkan ikan nila pada saluran pemasaran I lebih tinggi yaitu sebesar Rp.20.536.582/musim/100m2 sedangkan pengguna saluran pemasaran II memiliki keuntungan rata-rata sebesar Rp.16.910.034,1/musim/100m2 pada saluran pemasaran II. Kata kunci : Saluran pemasaran, Faktor-faktor pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:50
Last Modified: 14 Jan 2020 07:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22080

Actions (login required)

View Item View Item