KONSERVASI MATAAIR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN DOMESTIK DI DAERAH DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nurmasita, Lica (2020) KONSERVASI MATAAIR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN DOMESTIK DI DAERAH DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf]
Preview
Text
Cover Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf]
Preview
Text
Abstrak Lica Nurmasita-114150053-Teknik Lingkungan.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan Lica Nurmasita-14150053-Teknik Lingkungan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Lica Nurmasita-14150053-Teknik Lingkungan.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-S1-Lica-Nurmasita-114150053-Teknik-Lingkungan.pdf] Text
Skripsi-S1-Lica-Nurmasita-114150053-Teknik-Lingkungan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu wilayah yang diprediksi sebagai daerah dengan tingkat ancaman kekeringan tinggi menurut Peta Ancaman Kekeringan Kabupaten Kulon Progo. Pemenuhan kebutuhan air bersih warga berasal dari mataair. Mataair yang diuji terdiri dari Tuk Wadang, Kali Lo, Kali Gandu, Kali Bajing dan Bulusari. Mataair di Desa Pagerharjo perlu dilakukan konservasi agar pemanfaatannya lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik mataair serta potensi mataair agar dapat ditentukan teknik konservasi untuk mempertahankan ketersediaan airnya.
Metode yang digunakan adalah survei dan pemetaan, wawancara, laboratorium, matematis, analisis deskriptif dan analisis statistik. Metode yang digunakan yaitu survei dan pemetaan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menggambarkan kondisi eksisting berupa bentuk lahan, topografi, jenis tanah, satuan batuan dan penggunaan lahan. Metode wawancara untuk mencari informasi dari masyarakat pengguna mataair. Metode laboratorium untuk mengetahui kualitas air parameter kekeruhan, TDS, pH, BOD, COD, nitrat, besi dan total coliform yang mengacu pada Peraturan Gubernur DIY No. 20 Tahun 2008. Metode matematis untuk mengolah data menggunakan perhitungan matematis menghasilkan debit mataair, muka airtanah, potensi air. Potensi mataair yang dikaji berupa kualitas dan kuantitas mataair selama 10 tahun kedepan. Metode analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik mataair berupa lokasi kemunculan dan tipe mataair. Metode analisis statistik untuk mendapatkan kesimpulan dari data yang didapat berupa arahan konservasi.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan mataair pada bentuklahan perbukitan dan lembah, jenis tanah latosol, batuan breksi andesit, penggunaan lahan kebun dan permukiman. Sifat pengaliran mataair adalah mataair musiman. Rata-rata debit Tuk Wadang 1,085 L/detik dan Kali Bajing 2,039 L/detik masuk dalam kelas 5 serta Kali Lo 0,839 L/detik, Kali Gandu 0,526 L/detik dan Bulusari 0,456 L/detik masuk dalam kelas 6. Genetik mataair bertipe depresi dan rekahan. Debit mataair dapat memenuhi kebutuhan penduduk hingga 10 tahun kedepan. Kualitas mataair cukup baik pada beberapa parameter namun melebihi baku mutu untuk parameter COD pada Mataair Kali Lo dan Bulusari serta parameter total koliform pada Mataair Tuk Wadang, Kali Lo, Kali Gandu dan Bulusari. Arahan konservasi dengan pembuatan teras individu dan penanaman rumput gajah paitan, pembuatan bangunan penangkap mataair, bak penampung dengan kapasitas 2 m3 dan 5 m3, pendekatan sosial dan pendekatan pemerintah.
Kata kunci : Mataair, Karakteristik Mataair, Potensi Mataair, Konservasi Mataair

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:42
Last Modified: 16 Feb 2023 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22077

Actions (login required)

View Item View Item