PERANCANGAN TEKNIS REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG ANDESIT DI DUSUN WATUBELAH, DESA SIDOMULYO, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sembiring, Septian Louis Fernando (2020) PERANCANGAN TEKNIS REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG ANDESIT DI DUSUN WATUBELAH, DESA SIDOMULYO, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LEMBAR pengesahan.pdf

Download (499kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)

Abstract

INTISARI Lokasi penelitian berada di Dusun Watubelah, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tersebut merupakan lahan bekas penambangan Andesit yang ditambang dengan sistem terbuka (quarry). Tujuan penelitian untuk mengetahui Kerusakan lahan bekas penambangan dan menentukan suatu perancangan teknis reklamasi lahan bekas penambangan andesit sebagai upaya untuk memulihkan, memperbaiki atau menata kembali lahan yang terpengaruh oleh adanya kegiatan penambangan agar dapat berfungsi sesuai peruntukkannya kembali. Penelitian menggunakan metode Survei, Pemetaan, dan Pengharkatan. Evaluasi tingkat kerusakan lahan dengan menyertakan baik data primer maupun sekunder mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 43 tahun 1996. Pengambilan sampel tanah menggunakan metode purposive sampling dan pengkuran kerusakan lahan menggunakan metode grid. Pengukuran dilapangan menggunakan kompas geologi, meteran, dan GPS untuk pemetaan topografi serta pengukuran tiap parameter kondisi eksisting. Hasil pengukuran dan pengamatan dideskripsikan untuk menggambarkan kondisi eksisting lahan bekas tambang berdasarkan parameter-parameter kriteria kerusakan lingkungan yang mengacu pada Keputusan Gubernur DIY No. 63 Th. 2003 tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha Dan/Atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C di Wilayah Propinsi DIY, dan juga menjadi dasar dalam merancang teknis reklamasi sesuai kondisi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diketahui kerusakan lahan bekas tambang disimpulkan dengan kriteria rusak berat dengan parameter yang digunakan yaitu Tinggi dinding galian, kemiringan tebing galian, batas tepi galian, tutupan lahan/vegetasi dan kondisi jalan. Arahan reklamasi mengacu pada RTRW di lokasi penelitian berupa kawasan Hutan Produksi. Arahan teknis reklamasi yang dilakukan dengan pembuatan teras bangku dengan perbandingan 1:1, 1:2 dan 1:4 yaitu tinggi teras 3 meter dan lebar teras 3 meter serta pembuatan SPA. Teknik menanam pada sistem pot dengan menggunakan tanaman tahunan dan rumput sisipan. Dalam lahan tersebut Tanaman tahunan yang digunakan adalah pohon Jati dan rumput vetiver sebagai cover crop. Kata kunci: Reklamasi, Lahan Bekas Tambang andesit, Revegetasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:42
Last Modified: 13 Jan 2020 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item