ANALISIS GEOMETRI JALAN TAMBANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI FRONT HIGHWALL PT. BUMA KALIMANTAN SELATAN

NOVANNY, DIAN (2013) ANALISIS GEOMETRI JALAN TAMBANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI FRONT HIGHWALL PT. BUMA KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. BUMA Jobsite ADARO yang secara administratif berlokasi di dalam dua provinsi, tiga kabupaten dan tiga belas kecamatan. Provinsi Kalimantan Selatan, meliputi Kabupaten Tabalong yang terdiri dari: Kecamatan Muara Harus, Murung Pundak, Upau, Tanta, Kelua, dan Tanjung sedangkan Kabupaten Balangan terdiri dari: Kecamatan Paringin, Juai, Awayan, Lampihung dan Batu Mandi. Di Propinsi Kalimantan Tengah meliputi Kabupaten Barito Selatan yang meliputi Kecamatan Kelanis, Murung Ilung, dan Pasar Panas. Penelitian mengacu pada geometri jalan tambang terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di front High Wall Pit Central yang mengalami kenaikan kecelakaan dari tahun 2010-2011. Dari pengamatan dan pengukuran geometri jalan tambang tersebut didapat sebagian besar jalan sudah memenuhi kesesuaian jalan. Hanya saja ada bagian-bagian jalan serta geometri jalan yang harus lebih diperhatikan untuk menunjang operasional penambangan batubara PT. BUMA Jobsite ADARO. Yang menjadi penyebab dari kecelakaan yang terjadi di Front HW adalah tindakan karyawan yang tidak aman 63%, kondisi kerja yang tidak aman 35%, dan diluar kemampuan manusia 2%. Penyebab Kecelakaan dari kondisi kerja yang tidak aman yaitu front/jalan bergelombang, landasan disposal/jalan lembek, jalan licin banyak spoil, jalan sempit, disposal/jalan retak, jalan tergerus hujan dan tertutup pasir. Adapun beberapa geometri jalan yang kurang tersebut yakni lebar jalan pada jalur lurus dan tikungan, drainase, super elevasi, cross slope, serta safety berm. Dampak langsung yang dirasakan adalah lingkungan atau jalan menjadi bergelombang, keriting, dan berlubang. Adapun dampak jangka panjangnya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja yakni berakibat pada peralatan serta pekerja. Dampak terhadap peralatan yakni kerusakan dini dari peralatan tersebut (ban, frame, dan suspensi) serta peningkatan dari bahan bakar yang digunakan. Akibatnya biaya yang perusahaan perlukan untuk mengatasi kondisi tersebut akan semakin tinggi. Sedangkan dampak terhadap pekerja/operator yakni berkaitan dengan masalah kesehatan pekerja seperti sakit pada punggung, pinggang, emosi menjadi labil, dan mudah lelah. Dalam penelitian ini didapatkan geometri jalan rekomendasi sesuai dengan unit terbesar yang dipakai yakni lebar jalan pada jalur lurus min 28 meter, lebar jalan tikungan min 36 meter, grade jalan maksimal 8%, cross slope 2-3%, safety berm dengan slope 30-45°; lebar atas 1 meter; tinggi 2.1 meter; lebar bawah 3.8 meter, dan super elevasi 3-4% serta dimensi saluran drainase 1 yaitu panjang sisi luar saluran terbuka 0.86 meter; kedalaman air 0.746 meter; lebar dasar saluran terbuka 0.86 meter; lebar atas saluran terbuka 1.724 meter; dan dimensi saluran drainase 2 yaitu panjang sisi luar saluran terbuka 0.62 meter; kedalaman air 0.537 meter; lebar dasar saluran terbuka 0.62 meter; dan lebar atas saluran terbuka 1.24 meter. Dari rekomendasi di atas diharapkan kondisi jalan di Front HW menjadi lebih baik dan mengurangi tingkat kecelakaan yang terkait dengan jalan tambang serta mengurangi kerugian yang ditanggung perusahaan. The study was conducted at PT. BUMA Jobsite ADARO which is administratively located in the two provinces, three regencies and thirteen districts. South Borneo Province include Tabalong regency consisting of: District Muara Harus, Murung Pundak, Upau, Tanta, Kelua, and Tanjung while Balangan regency consisting of: District Paringin, Juai, Awayan, Lampihung and Batu Mandi. In Central Borneo covering South Barito regency which includes District Kelanis, Murung Ilung, and Pasar Panas. Research refers to the geometry of the mine safety and health in front Pit Central High Wall that has increased accidents from 2010-2011. Of observation and measurement of the geometry of the mine obtained most of the way it meets the road suitability. It's just that there are parts of the road and road geometry that should be considered to support the coal mining operations of PT. BUMA Jobsite ADARO. As for some of the poor road geometry that is the width of the road in a straight line and a curve, drainage, super elevation, cross slope, as well as the safety berm. The direct impact is felt is the environment or the road becomes bumpy, curly, and perforated. The long-term impact on health and safety which resulted in equipment and labor. Impact on early failure of the equipment the equipment (tires, frame, and suspension) and an increase of the fuel used. As a result, the company's costs need to treat the condition will be higher. While the impact on the worker / operator that is associated with health problems such as back pain workers, waist, emotions become unstable, and easily tired. In this study, the geometry of the recommendations in accordance with the largest unit that is used on a road width of 28 meters straight line min, min bend road width of 36 meters, a maximum of 8% road grade, cross slope 2-3%, safety berm with a slope of 30-45 °; wide on 1 meter, height is 2.1 meters; under 3.8 meters wide, and 3-4% super elevation and drainage dimension 1 is the side length of 0.86 meters beyond the open channel; 0746 meters water depth; basic open channel width is 0.86 meters; wide over 1,724 meters open channel, and 2-dimensional drainage channel that is open long beyond the 0.62 meters; 0537 meters water depth; basic open channel width 0.62 meters, and the width of the channel is open 1:24 meters. Of the above recommendations are expected in the Front HW road conditions are getting better and reduce the rate of road accidents related to mines and reduce the harm done to the company.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 24 May 2016 02:25
Last Modified: 24 May 2016 02:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item