KAJIAN TEKNIS RASIO PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT DUMPTRUCK PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT TC TAMBANG BATUBARA PT. TAHITI COAL SUMATERA BARAT

AJI, RIFQI ANANDITO (2020) KAJIAN TEKNIS RASIO PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT DUMPTRUCK PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT TC TAMBANG BATUBARA PT. TAHITI COAL SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK PT. Tahiti Coal adalah salah satu perusahaan pertambangan batubara yang bergerak sebagai produsen dalam menyediakan batubara untuk dipasarkan di dalam negeri guna memenuhi kebutuhan batubara Indonesia. Dalam proses penambangannya PT. Tahiti Coal menerapkan tambang terbuka, dengan alat gali – muat backhoe dan alat angkut berupa dumptruck. PT. Tahiti Coal terletak di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. PT. Tahiti Coal menerapkan metode tambang terbuka dengan sistem penambangan strip mine. PT. Tahiti Coal melakukan kegiatan penambangan dengan menggunakan kombinasi alat mekanis. Alat mekanis yang digunakan dalam kegiatan penggalian dan pemuatan lapisan penutup yaitu Excavator Caterpillar 330 DI, sedangkan alat angkut yang digunakan adalah dumptruck jenis Hino FM 260 JD. Permasalahan yang muncul adalah adanya rasio bahan bakar berlebih pada pengupasan lapisan penutup yang melebihi acuan penggunaan 0,20 ltr/bcm pada dumptruck jenis Hino FM 260 JD. Hal yang berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah kemiringan jalan angkut, beban kerja alat, geometri, amblasan jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan lapisan penutup menuju disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, terdapat kemiringan jalan angkut yang melebihi acuan perusahaan yaitu 8% dan kondisi jalan angkut yang masih memiliki amblasan lebih dari 5 cm (medium severity). Metode evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis pengaruh kondisi jalan angkut terhadap meningkatnya rasio bahan bakar truk jungkit. Untuk konsumsi bahan bakar dan produksi aktual dumptruck jenis Hino FM 260 JD 8,15ltr/jam dan 33,82 bcm/jam, sehingga rasio bahan bakar aktual dump truck jenis Hino FM 260 JD adalah 0,24 ltr/bcm. Konsumsi bahan bakar dump truck jenis Hino FM 260 JD berdasarkan perhitungan rimpull yaitu sebesar 7,50 ltr/jam. Produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 35,71 bcm/jam. Setelah dilakukan perbaikan kemiringan jalan angkut yang disesuaikan dengan acuan dari suatu perusahaan ≤ 8% dan kondisi jalan angkut pada medium severity condition atau amblasan roda tidak lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut sehingga bahan bakar dan produksi dumptruck jenis Hino FM 260 JD adalah 6,92 ltr/jam dan 37,53 bcm/jam. Rasio bahan bakar yang dapat dicapai dumptruck jenis Hino FM 260 JD menjadi 0,18 ltr/bcm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:47
Last Modified: 13 Jan 2020 01:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item