PENGARUH KOMPOSISI MEDIA KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PERTUMBUHAN BIBIT DUA VARIETAS KELAPA SAWIT (Elais guineensis Jacq)

AZHARI, MUHAMMAD DIKI (2020) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PERTUMBUHAN BIBIT DUA VARIETAS KELAPA SAWIT (Elais guineensis Jacq). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Pembibitan kelapa sawit merupakan titik awal yang menentukan pertumbuhan kelapa sawit di lapangan. Sehubungan dengan itu, faktor yang menentukan keberhasilan pembibitan kelapa sawit diantaranya kualitas media tanam sebagai penyedia unsur hara bagi pertumbuhan dan perkembangan bibit. Umumnya untuk meningkatkan kualitas media tanam dilakukan dengan cara pemupukan. Pemupukan adalah usaha penyediaan unsur hara yang dibutuhkan tanaman pada medium tanam, karena pertumbuhan dan kesehatan tanaman sangat ditentukan oleh ketersediaan unsur hara. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan komposisi media tanam dan dua varietas tanaman kelapa sawit ditahap prenursey. Penelitian ini dilaksanakan dikebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, mulai bulan April sampai Juni 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan lapangan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas dua faktor, diulang 3 kali dan setiap unit percobaan terdapat 10 tanaman. Faktor pertama adalah komposisi media tanam yang terdiri atas 4 aras yaitu (Kompos : tanah ) (1:1) (v/v) ( Kompos : tanah ) (2:1) (v/v) (Kompos : tanah) (3:1) (v/v) (Kompos : tanah) (4:1) (v/v). Faktor kedua adalah varietas kelapa sawit yang terdiri atas 2 aras yaitu Varietas Marihat dan Varietas Lonsum. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada pengaruh nyata diuji lebih lanjut dengan menggunakan Uji jarak Berganda Duncan atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada interaksi antar perlakuan komposisi media tanam dengan dua varietas kelapa sawit pada semua parameter pengamatan. Media tanam Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) tidak memberikan pengaruh nyata pada semua parameter pengamatan sedangkan pada Varietas memberikan pengaruh nyata pada tinggi tanaman 12 mst Varietas Marihat lebih tinggi dari Varietas Lonsum dan pada Bobot Segar Tanaman 12 mst Varietas Marihat lebih berat dari Varietas Lonsum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:40
Last Modified: 13 Jan 2020 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item View Item