KEBERHASILAN INDONESIA MEMEDIASI PEMERINTAH MYANMAR DAN PEMERINTAH BANGLADESH DALAM MENANGANI PENGUNGSI ROHINGYA TAHUN 2017

FITRI, IKA AYU ANISA (2020) KEBERHASILAN INDONESIA MEMEDIASI PEMERINTAH MYANMAR DAN PEMERINTAH BANGLADESH DALAM MENANGANI PENGUNGSI ROHINGYA TAHUN 2017. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang keberhasilan Indonesia dalam memediasi pemerintah Myanmar dan pemerintah Bangladesh dalam menangani pengungsi Rohingya tahun 2017. Keberhasilan Indonesia dalam menangani kasus pengungsi Rohingya dilakukan melalui upaya peacemaking, yakni mediasi evaluatif dan diplomasi kemanusiaan. Krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya menjadi sebuah momentum bagi Indonesia untuk ikut berperan dalam mencari solusi permasalahan yang terjadi akibat ledakan pengungsi Rohingya, utamanya di wilayah Bangladesh. Banyaknya etnis Rohingya yang menyeberang ke Bangladesh untuk mencari suaka membuat Bangladesh terbebani dengan keberadaan mereka di kamp pengungsian. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir resolusi konflik dengan pendekatan teoritis mediasi evaluatif berbasis data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi pustaka. Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang proses mediasi evaluatif Indonesia dalam memediasi Myanmar dan Bangladesh melalui pelaksanaan Formula 4+1. Menjelaskan langkahlangkah diplomasi kemanusiaan Indonesia kepada etnis Rohingya untuk membantu meringankan beban yang ditanggung selama dalam pengungsian tahun 2017. Kemudian menjelaskan mengenai langkah-langkah bantuan kemanusiaan Indonesia melalui lembaga internasional maupun secara mandiri melalui Aliansi Kemanusiaan Indonesia Untuk Myanmar (AKIM) dengan sasaran para pengungsi etnis Rohingya yang berada di Bangladesh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:37
Last Modified: 10 Jan 2020 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22021

Actions (login required)

View Item View Item