PERANCANGAN TEKNIS REKLAMASI PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN LENDAH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kirna, Emmanuel Chandra Kumara (2020) PERANCANGAN TEKNIS REKLAMASI PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUGAMPING DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN LENDAH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo. Lokasi penelitian merupakan area kegiatan penambangan batugamping kalkarenit oleh rakyat yang dilakukan secara tradisional dan tidak terkonsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerusakan lahan dan menentukan teknis reklamasi pada lahan penambangan yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode pemetaan dan metode survey untuk mengetahui tingkat kerusakan lahan lapangan dan data primer dengan pengukuran dan pengamatan. Pengambilan sampel tanah dan batuan dengan purposive sampling (Non Probality Sampling) dan untuk menentukan tingkat kerusakan lahan dengan metode grid sampling (Probability Sampling), serta analisis laboratorium untuk mengetahui sifat fisik dan kimia tanah. Hasil pengukuran dan pengamatan dideskripsikan berdasarkan parameter kriteria kerusakan lingkungan yang mengacu pada Keputusan Gubernur DIY No.63 Tahun 2003 tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha Dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C di Wilayah Propinsi DIY. Hasil penelitian dan analisis diketahui tingkat kerusakan lahan tambang sebagai berikut : batas tepi galian, tinggi dinding galian, batas kemiringan tebing galian dan relief dasar galian tergolong tingkat kerusakan berat. Parameter kondisi jalan dan tutupan lahan oleh vegetasi tergolong tingkat kerusakan ringan. Teknis reklamasi lahan tambang pada lokasi penelitian yang disarankan yaitu dijadikan hutan rakyat sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kulonprogo Tahun 2012-2032, pembuatan saluran pembuangan air, penataan lahan menjadi datar untuk yang sudah ditambang dan pembuatan teras pada daerah yang masih ditambang, serta metode penanaman dengan penanaman langsung pada lahan datar dan sistem pot pada teras. Dimensi lubang 60 x 60 x 60 cm dengan jarak tanam 3 x 3 m. tanaman yang dipilih adalah jati sebagai utama dan akar wangi sebagai pendukung dengan jumlah tanaman sebanyak 425 pohon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:19
Last Modified: 10 Jan 2020 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22016

Actions (login required)

View Item View Item