PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA ROMAINE MERAH (Lactuca sativa var. Longifolia L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI THIAMINE DAN MACAM MEDIA TANAM SECARA HIDROPONIK SISTEM Deep Flow Technique (DFT)

Ekasari, Lies Setyawati (2020) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA ROMAINE MERAH (Lactuca sativa var. Longifolia L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI THIAMINE DAN MACAM MEDIA TANAM SECARA HIDROPONIK SISTEM Deep Flow Technique (DFT). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO-INGG.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Sayuran daun merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Permintaan akan sayuran ini diperkirakan akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil dan kualitas dari sayuran terutama selada merah, salah satunya dengan hidroponik sistem Deep Flow Technique (DFT). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsentrasi thiamine dan jenis media yang paling baik untuk petumbuhan tanaman selada merah secara hidroponik sistem DFT. Penelitian dilaksanakan di Corah Farmhouse, Desa Corah, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur pada bulan Maret sampai Mei 2019. Metode penelitian menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dua faktor. Petak utama yaitu perlakuan konsentrasi thiamine yang terdiri dari 4 taraf yaitu tanpa thiamine, thiamine 35 ppm, thiamine 70 ppm dan thiamine 105 ppm. Anak petak yaitu jenis media tanam yang terdiri dari 3 taraf yaitu rockwool, hydroton dan vermikulit. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara perlakuan konsentrasi thiamine 70 ppm dengan media tanam rockwool pada parameter jumlah daun 35 HST, luas daun, bobot segar tanaman, bobot kering tanaman, dan bobot kering tajuk tanaman. Media tanam rockwool memberikan hasil paling baik pada tinggi tanaman, jumlah daun 14, 21 dan 28 HST, volume akar, bobot kering akar, dan rasio tajuk akar pada hidroponik sistem DFT. Konsentrasi thiamin 70 ppm dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman selada merah, khususnya pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun 14, 21 dan 28 HST, volume akar, dan bobot kering akar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:48
Last Modified: 10 Jan 2020 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item View Item