ANALISIS RESEPSI PROGRAM TAYANGAN MATA NAJWA DI TRANS 7 EPISODE “PSSI BISA APA JILID I,II,III” BAGI KALANGAN PECINTA SEPAK BOLA DI SLEMAN

Wijaya, Octavian Addis (2020) ANALISIS RESEPSI PROGRAM TAYANGAN MATA NAJWA DI TRANS 7 EPISODE “PSSI BISA APA JILID I,II,III” BAGI KALANGAN PECINTA SEPAK BOLA DI SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa dengan tingkat akses dari pemirsa yang cukup tinggi. Dalam kesehariannya, masyarakat menggunakan televisi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Jenis acara yang beragam membuat pemirsanya mempunyai banyak pilihan untuk mengonsumsi informas i yang mereka butuhkan. Menurut studi dari Nielsen, masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan lima jam untuk mengonsumsi tayangan televisi. Salah satu tayangan televisi yang ada ialah tayangan Mata Najwa yang disiarkan di stasiun televis i TRANS 7. Satu tema yang mereka angkat ialah tentang dunia sepakbola Indonesia. Tayangan tersebut mereka beri judul Mata Najwa Episode PSSI Bisa Apa. Terbagi ke dalam tiga jilid, setiap jilid mempunyai pembahasan yang hampir berbeda dan narsum yang hampir berbeda juga. Dalam penelitian ini, fokus terletak kepada analisis resepsi penonton. Analisis resepsi merupakan studi terhadap khalayak yang dalam pengkajiannya dilakukan secara mendalam dan terdapat proses aktual dimana wacana media diasimilasikan melalui praktek wacana dan budaya khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penonton meresepsi tayangan dari Mata Najwa Episode PSSI Bisa Apa Jilid I,II,III. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah analisis resepsi secara kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Hampir seluruh narasumber tersebut memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, ada dua narasumber dengan latar belakang yang sama. Walaupun dengan latar belakang yang sama, namun pemaknaan mereka terhadap isi pesan yang disampaikan oleh tayangan Mata Najwa Episode PSSI Bisa Apa Jilid I,II,III berbeda. Hasil dari penelitian, mengungkapka n bahwa terdapat tiga pengelompokkan narasumber berbeda terhadap tiga posisi, yaitu satu narasumber dikategorikan ke dalam Dominant Position, dua narasumber ke dalam Oppositioned Position, dan dua narasumber juga ke dalam Negotiated Position. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan latar belakang yang sama pun pemaknaan narasumber terhadap isi tayangan Mata Najwa Episode PSSI Bisa Apa Jilid I,II,III bisa berbeda, apalagi narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:26
Last Modified: 10 Jan 2020 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item