ESTIMASI SUMBERDAYA DAN CADANGAN ANDESIT LAPUK DENGAN METODE CROSS SECTION DIBANDINGKAN DENGAN KONTUR DI IUP GOTSA RANGGA KOUSWORO, DESA TEMON WETAN, KEC. TEMON, KAB. KULON PROGO, DIY.

MASNIL, ROMI ADITYA (2020) ESTIMASI SUMBERDAYA DAN CADANGAN ANDESIT LAPUK DENGAN METODE CROSS SECTION DIBANDINGKAN DENGAN KONTUR DI IUP GOTSA RANGGA KOUSWORO, DESA TEMON WETAN, KEC. TEMON, KAB. KULON PROGO, DIY. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi, Pustaka, dll.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini dilakukan untuk memberikan estimasi kuantitas sumberdaya dan cadangan yang ada di IUP Gotsa Rangga Kousworo yang berada di Desa Temon Wetan, Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas daerah penelitian sekitar 45.000 m2. Untuk kedepan, diperlukan perhitungan sumberdaya dan cadangan menggunakan peta yang diperoleh dari perusahaan menggunakan 2 metode yaitu metode cross section dan metode kontur. Mengacu pada SNI 4726:2011 maka sumberdaya dan cadangan andesit lapuk di daerah penelitian dapat dikategorikan sebagai sumberdaya tereka Berdasarkan tingkat geologi prospeksi dibuktikan oleh singkapan andesit lapuk. Sumberdaya dan cadangan andesit lapuk menggunakan 2 rumus yaitu Frustum dan Mean Area. Estimasi menggunakan 2 metode yaitu cross section dan kontur. Pembuatan sayatan dibuat dari arah Utara-Selatan dan terbagi menjadi 2 blok dengan jumlah sayatan 26 buah. Hasil dari estimasi menggunakan metode cross section diperoleh sumberdaya sebesar 624.815 m3 dan cadangan sebesar 258.828 m3. Hasil dari estimasi menggunakan metode kontur diperoleh sumberdaya sebesar 638.333 m3 dan cadangan sebesar 260.701 m3. Perbedaan hasil penaksiran sumberdaya sebesar 13.518 m3 dan cadangan sebesar 1.873 m3. Pada penelitian ini metode cross section dipilih sebagai metode yang paling tepat dalam pengajuan IUP Gotsa Rangga Kousworo karena hasil dari perhitungan metode cross section lebih konservatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:54
Last Modified: 09 Jan 2020 03:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item