APLIKASI BERBAGAI KONSENTRASI JAMUR ENTOMOPATOGEN TERHADAP KELIMPAHAN POPULASI HAMA UTAMA DAN PENINGKATAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Meriil.)

GUSKA DARA, KHANSHADELLA (2020) APLIKASI BERBAGAI KONSENTRASI JAMUR ENTOMOPATOGEN TERHADAP KELIMPAHAN POPULASI HAMA UTAMA DAN PENINGKATAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Meriil.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Abstrak & Abstract.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Berbagai Konsentrasi Jamur Entomopatogen untuk Kelimpahan Populasi Hama Utama dan Peningkatan Hasil Tanaman Kedelai Edamame (Glycine max (L.) Meriil.) Oleh : Khanshadella Guska Dara Dibimbing Oleh :Ir. Chimayatus Solichah, MP & Ir. Lagiman, M.Si ABSTRAK Salah satu jenis kedelai yang mulai diminati ditanam di Indonesia adalah kedelai Edamame. Beauveria bassiana dan Metarhizium anisopliae adalah musuh alami berbentuk jamur entomopatogen yang merupakan bagian dari Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Penelitian dilaksanakan di Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2019 sampai dengan bulan Agustus 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah jamur entomopatogen dapat menekan hama utama dan meningkatkan hasil kedelai edamame serta mengetahui konsentrasi yang baik dalam penggunaannya. Penelitian satu faktor disusun menurut Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontrol (tanpa penyemprotan pestisida), pestisida kimia bahan aktif metomil, jamur B. bassiana 1%; 2%; 3%, jamur M. anisopliae 1%; 2%; 3%. Parameter yang diamati yaitu populasi hama utama, tingkat kerusakan daun, tinggi tanaman, jumlah cabang, diameter batang, jumlah dan bobot polong per tanaman sampel, rerata bobot per polong, serta persentase sampel polong isi dan hampa. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa perlakuan menggunakan jamur B. bassiana dan M. anisopliae tidak memberikan pengaruh nyata dalam menekan populasi hama utama dan meningkatkan hasil kedelai edamame dibandingkan perlakuan pestisida kimia bahan aktif metomil. Konsentrasi jamur entomopatogen yang diaplikasikan belum dapat menekan populasi hama utama dan belum dapat meingkatkan hasil tanaman kedelai edamame. Kata kunci: Kedelai Edamame, Beauveria bassiana, Metarhizium anisopliae

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:53
Last Modified: 09 Jan 2020 01:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item