PENGARUH PEMBERIAN MACAM ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KEBERHASILAN STEK TANAMAN KELENGKENG DIAMOND RIVER (Dimocarpus longan Lour)

Novita Charmila, Angelusia (2020) PENGARUH PEMBERIAN MACAM ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KEBERHASILAN STEK TANAMAN KELENGKENG DIAMOND RIVER (Dimocarpus longan Lour). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (291kB)

Abstract

Budidaya tanaman kelengkeng di Indonesia sering mengalami kendala, salah satunya tidak tercukupinya kebutuhan bibit dan mahalnya harga bibit. Permasalahan tersebut dapat diatasin dengan dilakukan perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan stek batang. Keberhasilan suatu stek dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya zat pengatur tumbuh (ZPT). Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) terdiri dari 2 macam komposisi, yaitu alami dan sintetik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektifitas zat pengatur tumbuh (ZPT) alami dan sintesis serta menentukan keberhasilan stek tanaman kelengkeng Diamond river. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2019 – Mei 2019 di Kebun Praktek Wedomartani Fakultas Pertanian, Universitas Pembagunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktor yang terdiri dari 10 perlakuan yang masing-masing diulang 3 kali. Perlakuan yang digunakan adalah A0 = Kontrol (Stek Kelengkeng tanpa ZPT), A1 = Stek Kelengkeng direndam dengan Air Kelapa, A2 = Stek Kelengkeng direndam dengan Ekstrak Bawang Merah, A3 = Stek Kelengkeng direndam dengan Urine Sapi, A4 = Stek Kelengkeng direndam dengan Atonik, A5 = Stek Kelengkeng direndam dengan Dekamon, A6 = Stek Kelengkeng direndam dengan Super Gib, A7 = Stek Kelengkeng dioles dengan Root Up, A8 = Stek Kelengkeng dioles dengan Nature Stek, dan A9 = Stek Kelengkeng direndam dengan PGPR. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis keragaman (Anova) pada taraf 5%. Untuk mengetahui ada beda nyata antara perlakuan dilakukan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian zat pengatur tumbuh Nature Stek memberikan pertumbuhan yang baik terhadap tanaman stek kelengkeng varietas Diamond River. Kata kunci: Stek, Zat Pengatur Tumbuh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:49
Last Modified: 09 Jan 2020 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21945

Actions (login required)

View Item View Item