IMPLEMENTASI METODE NEAREST NEIGHBOR UNTUK VEHICLE ROUTING PROBLEM PADA KASUS PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS: PT. SAVERO CARGO)

Pratama, Satriya (2019) IMPLEMENTASI METODE NEAREST NEIGHBOR UNTUK VEHICLE ROUTING PROBLEM PADA KASUS PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS: PT. SAVERO CARGO). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-123140019-SATRIYA-PRATAMA.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-123140019-SATRIYA-PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang luas. Jarak tempuh antar wilayah yang relatif jauh membuat pengiriman barang tentu saja menjadi kebutuhan yang penting. Aktifitas perekonomian yang semakin maju membuat pengiriman barang sangat dibutuhkan dan menjadi suatu peluang bisnis yang menguntungkan. Dari peluang bisnis itulah banyak didirikan perusahaan jasa atau layanan yang bergerak dibidang pengiriman barang. Salah satu perusahaan jasa/layanan pengiriman barang itu adalah PT. Savero Cargo.
Saat ini, penentuan rute masih didasarkan pada pengetahuan sopir. Dari permasalahan tersebut, pengetahuan sopir tentang jarak dan waktu tempuh rute tentunya sangat kurang Aplikasi penentuan rute yang tepat dan efisien dibutuhkan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan menekan biaya operasional bahan bakar yang akan dikeluarkan. Metode yang digunakan adalah metode Nearest Neighbor.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi penentuan rute pengiriman barang menggunakan metode nearest neighbor untuk vehicle routing problem. Dari pengujian penelitian menunjukkan jarak tempuh rute pengiriman barang yang diberikan oleh sistem menurun dibandingkan dengan rute yang digunakan oleh sopir sebelum adanya sistem. Dengan menurunnya jarak tempuh rute pengiriman barang maka PT. Savero Cargo dapat menekan biaya operasional bahan bakar yang akan dikeluarkan oleh perusahaan
Kata Kunci: nearest neighbor, vehicle routing problem, rute.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:06
Last Modified: 13 Dec 2022 01:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21893

Actions (login required)

View Item View Item