KAJIAN WATER BLENDING UNTUK PENURUNAN SUHU AIR PANAS PADA SEDIMENT POND 1, STUDI KASUS PT. NUSA HALMAHERA MINERALS KABUPATEN HALMAHERA UTARA PROVINSI MALUKU UTARA

SANTOSO, ARDI CAHYO (2019) KAJIAN WATER BLENDING UNTUK PENURUNAN SUHU AIR PANAS PADA SEDIMENT POND 1, STUDI KASUS PT. NUSA HALMAHERA MINERALS KABUPATEN HALMAHERA UTARA PROVINSI MALUKU UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB)

Abstract

RINGKASAN PT. Nusa Halmahera Minerals menerapkan metode mine dewatering pada lubang bukaan underground Toguraci. Permasalahan yang terjadi adalah munculnya sumber mata air panas dari dalam underground Toguraci, sehingga mengakibatkan terganggunya proses penambangan. Air panas tersebut dipompa menuju permukaan dengan debit sebesar 376 L/det (per 48 jam) dan bersuhu 70C, kemudian air panas tersebut dialirkan menuju sediment pond 1 untuk kemudian dilakukan proses pencampuran air (water blending) dengan air bersuhu normal dari bekas penambangan terbuka (pit) Toguraci dengan debit sebesar 160 L/det (14 jam/hari) dan bersuhu 22C. Namun, untuk saat ini proses pencmpuran air tersebut belum dapat bekerja secara maksimal yaitu, suhu air campuran yang diharapkan sekitar 22-28C akan tetapi saat ini suhu air campuran masih berada pada suhu 60C. sehingga perlu dilakukan kajian terhadap sistem water blending untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis sistem water blending antara lain ketersediaan air (water balance) dari pit Toguraci, pompa, dan debit air limpasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, observasi lapangan untuk mengamati permasalahan dan pengambilan data. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengolahan dan analisis data. Berdasarkan analisis data curah hujan di lokasi penelitian tahun 2012-2018 dengan menggunakan distribusi Gumbell, diperoleh curah hujan rencana sebesar 143,58 mm/hari, intensitas curah hujan sebesar 49,78 mm/jam dengan periode ulang hujan 4 tahun dan resiko hidrologi sebesar 86,55 %. Dengan debit air limpasan = 51,73 m3/detik. Proses pengaliran air dari pit Toguraci menggunakan 1 unit pompa yaitu multiflo 385G dengan debit total pompa sebesar 576 m3/jam. Pipa yang digunakan yaitu pipa HDPE dengan diameter 14 inci.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Dec 2019 02:55
Last Modified: 20 Dec 2019 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item