GEOLOGI DAN STUDI GENESA MARMER DESA BESUKI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN TULUNGAGUNG, PROVINSI JAWA TIMUR

NABILLAH, M. ALHAFIQ WAHYU (2019) GEOLOGI DAN STUDI GENESA MARMER DESA BESUKI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN TULUNGAGUNG, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Lokasi penelitian secara administratif terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis terletak pada koordinat UTM 584846-590356 dan 9087671-9092221, memiliki panjang 5,51 km dan lebar 4,55 km dengan luas 25 km 2 . Geomorfologi daerah penelitian terbagi menjadi bentuklahan Perbukitan Karst (K1), Lereng Karst (K2), Bukit Terisolasi (D1), Bukit Intrusi (V1), Dataran Alluvial (F1) dan Tubuh Sungai (F2). Pola pengaliran terbagi menjadi Subparallel (SPRL), Subtrellis (STRL) dan Radial (RDL). Stratigrafi daerah penelitian dari tua ke muda terdiri atas litodem dasit berumur Oligosen Akhir-Miosen Awal, satuan batugamping Campurdarat berumur Miosen Tengah, litodem andesit dan litodem marmer berumur Miosen Akhir serta satuan endapan alluvial berumur Holosen. Struktur geologi di daerah penelitian berupa kekar berpasangan (shear joint) dengan arah relatif timur laut-barat daya dan utara barat laut-selatan tenggara dengan tegasan utama berarah utara timur laut-selatan barat daya serta sesar mendatar kiri berarah timur laut-barat daya. Karakteristik marmer di daerah penelitian terdiri atas marmer dengan tekstur kristaloblastik, granoblastik isogranular dan heterogranular, decussate dan tekstur sisa (relict) dengan komposisi kalsit, mineral opak, bioclast dan mud. Persebaran marmer relatif barat laut-tenggara di Desa Besole. Jenis metamorfisme yang menyebabkan terbentuknya marmer adalah metamorfisme kontak dengan batuan asal (protolith) satuan batugamping Campurdarat. Sumber panas yang menyebabkan terbentuknya marmer adalah litodem andesit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:29
Last Modified: 19 Dec 2019 01:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21876

Actions (login required)

View Item View Item