IDENTIFIKASI PENYAKIT TANAMAN TOMAT BERDASARKAN CITRA DAUN MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN)

Sukmandaru, Padang (2019) IDENTIFIKASI PENYAKIT TANAMAN TOMAT BERDASARKAN CITRA DAUN MENGGUNAKAN METODE GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_123140195_Padang Sukmandaru.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_123140195_Padang Sukmandaru.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi_123140195_Padang Sukmandaru.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full_123140195_Padang Sukmandaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran buah yang bernilai ekonomi tinggi. Produktivitas tomat yang relatif masih rendah di antaranya disebabkan oleh serangan hama dan penyakit tanaman. Penyakit tanaman dapat menjangkit bagian-bagian tanaman dalam satu pohon, Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem yang mampu mendeteksi penyakit pada daun tomat. sehingga cara mengidentifikasi penyakit tanaman yaitu dengan menggunakan sistem identifikasi berbasis pemrosesan citra digital. Fitur tekstur dari citra daun tomat dapat diekstraksi melalui pengolahan citra digital, sehingga dapat ditentukan nilai fiturnya. Penelitian ini melakukan analisis fitur gray level co-occurence matrix (GLCM) citra daun tomat, gray level co-occurance matrix (GLCM) merupakan salah satu metode untuk memperoleh tekstur gambar dengan menghitung probabilitas hubungan spasial antara dua piksel pada jarak dan arah tertentu, untuk fitur yang digunakan yaitu kontras, angular second moment (energi), inverse different moment (Homogenitas), dan korelasi. K-Nearest Neighboor yaitu berfungsi untuk menghitung jarak terdekat antara data citra latih dan data citra uji untuk didapatkan hasil pembelajaran maupun pengenalan dan dibandingkan dengan kondisi sebenarnya. Penelitian ini akan menghasilkan identifikasi penyakit tanaman tomat dengan kategori layu fusarium, bercak daun dan daun sehat. Data sampel pada penelitian ini menggunakan 90 data latih. Pada penelitian identifikasi penyakit tanaman diperoleh hasil dari akurasi sistem dengan hasil mencapai 85%. Kata Kunci: Tomat, Pengolahan Citra, GLCM, KNN

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:08
Last Modified: 18 Dec 2019 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21864

Actions (login required)

View Item View Item