PEMETAAN MIKROZONASI POTENSI LIKUIFAKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN GROUND SHEAR STRAIN (GSS) DI KOTA PALU DAN SEKITARNYA

KURNIAWAN, CHANDRA WIDYA (2019) PEMETAAN MIKROZONASI POTENSI LIKUIFAKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN GROUND SHEAR STRAIN (GSS) DI KOTA PALU DAN SEKITARNYA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Gempa bumi terjadi pada tanggal 28 September 2018 di daerah Palu Sulawesi Tengah dengan kekuatan magnitudo 7,5. Gempa membuat permukaan tanah yang jenuh dengan air, terguncang menjadi tidak stabil sehingga terjadilah proses likuifaksi. Tanah yang berpotensi terjadinya likuifaksi biasanya berkarakter pasir lepas dan jenuh air. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji parameter mikrozonasi dan mengidentifikasi lokasi yang dianggap berpotensi terjadinya likuifaksi.
Penelitian ini menggunakan 54 titik pengukuran yang tersebar di Kota Palu dan sekitarnya. Pengukuran ini menggunakan metode microtremor dengan pengolahan Horizontal to Vertical Spectral Rasio (HVSR) untuk memperoleh parameter frekuensi dominan dan amplifikasi. Perhitungan kedua parameter menghasilkan indeks kerentanan tanah (Kg) dan periode dominan (T0). Parameter peak ground acceleration (PGA) dihasilkan dari pengolahan data seismisitas catalog United States Geological Survey (USGS) menggunakan persamaan empiris. Perhitungan PGA dan Kg menghasilkan parameter ground shear strain (GSS) untuk memperoleh tingkat potensi likuifaksi.
Persebaran nilai T0 dengan kriteria tinggi (0,6 – 1,7 detik) dominan berada pada bagian utara, tengah, dan selatan di Kota Palu, diindikasikan berkarakteristik tanah yang lunak (soft soil). Persebaran nilai Kg diperoleh nilai terendah yaitu 0,05 dan nilai tertinggi 29 dengan kriteria tinggi berada pada bagian utara dan tengah di Kota Palu, menggambarkan daerah yang lebih rentan terhadap guncangan gempabumi. Dihasilkan nilai PGA terbesar di Kota Palu yaitu 2534 gal menunjukkan kerusakan yang terjadi di Kota Palu sangat tinggi. Diperoleh nilai GSS dengan nilai terendah daerah penelitian yaitu 0,7 x 10-4 dan tertinggi yaitu 300 x 10-4, persebaran nilai tinggi (GSS > 100 x 10-4) mendominasi pada bagian utara dan tengah di Kota Palu, diinterpretasikan memiliki nilai regangan tanah yang tinggi dan cenderung tidak dapat mempertahankan kedudukanya sehingga tanah mengalami kerusakan dan berpotensi likuifaksi. Potensi likuifaksi di Kota Palu yang perlu diwaspadai berada di Kelurahan Baru, Besusu, Bayaoge, Nunu, Siranindi, Kamonji, Silae, Lare, Talise, Kebonena
Kata kunci : Ground Shear Strain, Kerentanan Tanah, Likuifaksi, Peak Ground Acceleration.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:35
Last Modified: 11 May 2023 01:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item