IMPLEMENTASI METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN DAN OPTIMASI JUMLAH PENGADAAN STOK BARANG DISTRO MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO (STUDI KASUS: STC.COLLECTIVE YOGYAKARTA)

Alam, Bima Putra (2019) IMPLEMENTASI METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN DAN OPTIMASI JUMLAH PENGADAAN STOK BARANG DISTRO MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO (STUDI KASUS: STC.COLLECTIVE YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_123140067_Bima Putra Alam.pdf]
Preview
Text
Abstrak_123140067_Bima Putra Alam.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of Cover_123140067_Bima Putra Alam.pdf]
Preview
Text
Cover_123140067_Bima Putra Alam.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi_123140067_Bima Putra Alam.pdf]
Preview
Text
Daftar isi_123140067_Bima Putra Alam.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-BIMA.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-BIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

STC.Collective merupakan pelaku baru dalam industri pakaian yang menerapkan sistem reseller, yaitu menjual kembali produk yang sudah dibeli dari beberapa distributor, dengan trend pakaian yang terus berubah pihak STC.Collective harus jeli dalam memilih produk yang akan dipasarkan, namun selama ini dalam pemilihan produk yang akan dipasarkan sangat subjektif berdasarkan pihak manajer saja, beberapa permasalahan yang kerap muncul diantaranya adalah banyak barang yang kurang menarik bagi pelanggan dan terjadinya penumpukan akibat banyak barang tidak terjual maksimal, selain itu perusahaan sulit mendapatkan informasi-informasi strategis mengenai tingkat penjualan per-periode. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi peramalan penjualan dan optimasi pengadaan barang. Aplikasi peramalan penjualan dan optimasi pengadaan barang dibutuhkan untuk mendukung pihak perusahaan dalam pengambilan keputusan saat menyusun strategi penjualan dan pengadaan barang untuk beberapa periode yang akan datang. Metode yang digunakan adalah Single Exponential Smoothing dalam peramalan penjualan dan Optimasi pengadaan barang menggunakan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi peramalan dan optimasi pengadaan menggunakan Single Exponential Smoothing untuk memprediksi tingkat penjualan setiap tipe barang yang ada di STC.Collective dan optimasi pengadaan barang menggunakan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto untuk menentukan jumlah optimal pengadaan setiap tipe barang. Pengujian tingkat akurasi hasil prediksi dilakukan menggunakan MAE dengan rata-rata selisih 5,19 dan MAPE dengan presentase akurasi rata-rata 1,18%, dengan presentase tersebut menyatakan hasil peramalan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Kata Kunci: Peramalan, Optimasi, Single Exponential Smoothing, Fuzzy Tsukamoto.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:58
Last Modified: 10 Jan 2023 02:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item